4520
Hits

Penuhi Kebutuhan Umbi Kentang Melalui Teknologi Ex Vitro

 

 

Sebanyak 70 ribu benih kentang ex vitro jenis Granola telah diproduksi dan 21 ribu diantaranya dilakukan uji coba penanaman bersama kelompok tani desa Sumber Brantas.

 

Uji coba penanaman benih kentang ex vitro ini dilaksanakan di enam lokasi lahan budidaya milik petani kentang di desa Sumber Brantas. Hasil uji coba penanaman ini akan memberikan data tentang produktivitas benih kentang hasil perbanyakan ex vitro dalam menghasilkan umbi kentang G2 (umbi kentang generasi kedua yang siap digunakan sebagai benih oleh petani). 

 

Kepala Balai Bioteknologi BPPT Agung Eru Wibowo dikesempatan tersebut mengatakan, teknologi ini sudah lama dikembangkan, dengan melakukan terobosan dan tambahan oleh tim Bioteknologi BPPT melalui teknik ex vitro ini terbukti bisa menghasilkan satu umbi yg siap panen.

 

Agung berharap inovasi teknologi perbanyakan benih kentang secara ex vitro dapat diterapkan secara berkelanjutan oleh petani kentang serta dapat mendorong tumbuhnya penangkar benih kentang berkualitas, sekaligus terpenuhinya kebutuhan benih kentang dikota Batu, Malang.

 

Hal yang sama dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kota Batu, dia berharap kerjasama dengan BPPT dapat memakmurkan para petani  dan tetap mendampingi para petani dalam mengembangkan teknik ex vitro, khususnya dalam bidang teknologi. (Humas/HMP)