3467
Hits

BPPT:  Pola Angin Saat Ini Mendukung Terbentuknya Awan Hujan Pada Beberapa Wilayah Indonesia

 

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT, Tri Handoko Seto menuturkan bahwa dalam skala tahunan atau musiman, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia memasuki masa transisi dari musim penghujan menuju musim kemarau. "Pada masa transisi, sangat dimungkinkan terjadi hujan deras berhari-hari tetapi tidak kontinyu, melainkan stop and go," terangnya via pesan instan, Jakarta (21/04).

 

 

Pola angin yang terjadi saat ini papar Seto merupakan bertemunya angin yang membawa masa udara dari belahan bumi utara di sebelah timur laut Indonesia dengan angin dari Australia. "Selain adanya tekanan tinggi yang mendorong masa udara dari timur laut Indonesia memasuki wilayah Indonesia, tekanan tinggi di Australia yang tidak terlalu kuat mengakibatkan kedua angin tersebut bertemu di sekitar Jawa Barat, Jakarta, dan Sumatera Selatan," ungkapnya.

 

 

Pertemuan angin tersebut lanjut Seto juga menghambat masa udara di sekitar Kalimantan bagian selatan sehingga di wilayah tersebut juga tumbuh banyak awan hujan. 

 

 

Untuk Jabodetabek sendiri berdasarkan analisis Seto diperkirakan hari ini tidak terjadi lagi hujan sederas kemarin sore hingga pagi hari tadi. "Namun masih berpeluang terjadi hujan cukup deras yang diprediksi mencapai sekitar 150 mm dalam seminggu ke depan," pungkasnya. (Humas/HMP)