2441
Hits

BPPT Raih Penghargaan ANRI AWARD 2017

Administrator
18 Aug 2017
Layanan Info Publik
 
Usai menerima penghargaan inipun Soni menuturkan bahwa ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi BPPT. 
 
"Alhamdulillah kita bisa dapatkan peringkat ke tiga (3). Ini prestasi yang sangat luar biasa bagi BPPT, karena kita baru pertama masuk ke lomba ini, dan kita bisa langsung masuk ke peringkat ke tiga," ujarnya.
 
 
Aspek mengenai kearsipan disebut Soni sangat diperlukan dalam menunjang sistem tata kerja kerekayasaan yang diterapkan di BPPT. Selain itu kearsipan ini merupakan salah satu dari delapan agenda Reformasi Birokrasi.
 
"Ini juga termasuk penilaian yang penting pointnya untuk nilai RB, tapi bukan itu saja dalam 8 agenda ini arsip itu sangat penting, karena semua kegiatan akan bisa ditelusuri dari arsip yang dikelola dengan baik," paparnya. Soni. 
 
Sementara dalam sambutannya Menteri PAN dan Rebiro Pentingnya mengungkap bahwa nilai penting sebuah arsip kadang terlupakan, padahal arsip memiliki peran yang sangat strategis bagi sebuah instansi dalam penyimpanan data-data berharga. 
 
"Bahkan saat ini jumlah arsiparis di berbagai instansi sangatlah jauh dari angka cukup. Arsiparis akan menjadi sebuah profesi yang penting dan strategis karena tanpa penyimpanan data yang baik, sejarah tidak akan terungkap dan terlihat jelas," urai Menteri Asman. 
 
 
Demi menjaga kualitas dan jumlah SDM arsiparis inipun, jajaran Kementerian PANRB, bersama dengan Lembaga Administarsi Negara (LAN) dan Arsip Nasional  Republik Indonesia (ANRI) tengah menginisiasi pembukaan Politeknik Kearsipan. Dikatakan Menteri Asman lembaga ini akan menghasilkan generasi muda arsiparis yang memiliki kompetensi mumpuni.
 
Lebih lanjut pada acara Malam Anugerah ANRI AWARD ini, Asman meminta agar seluruh instansi pemerintah di pusat dan daerah, swasta dan lainnya untuk melakukan Gerakan Sadar Arsip. 
 
"Jadikan budaya mengelola arsip sebagai kebiasaan dan mampu meningkatkan kinerja dan akuntabilitas publik. Arsiparis yang ada saat ini juga harus mengembangkam kompetensi dan kualifikasi diri untuk memajukan Sistem arsip di instansi masing-masing," tegasnya.
 
Di tempat yang sama Kepala ANRI Mustari Irawan juga mengatakan bahwa arsip nasional memiliki peran dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya dengan membangun transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintahan.
 
 
"ANRI tidak hanya bertanggung jawab menyelamatkan dan melestarikan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban nasional, tetapi juga mendukung terselenggaranya good governance," tutupnya.  (Humas)