6292
Hits

BPPT-SAAB Swedia Kerjasama Alih Teknologi Maju Hankam

 

"MoU antara BPPT dan SAAB merupakan bagian dari upaya mewujudkan kemandirian bangsa di bidang pengembangan dan perekayasaan teknologi produk industri peralatan pertahanan dan keamanan nasional," kata Samudro dalam laporannya.

Samudro menambahkan, MoU ini juga sekaligus menjadi ajang saling menggali kompetensi antara BPPT dan SAAB. "Terutama yang terkait teknologi Hankam dan upaya mewujudkan produk Hankam nasional," ujarnya.

Sementara, Chief Technology Officer SAAB, Pontus de Laval, menyampaikan  Swedia dan SAAB sudah menunjukkan contoh sukses pelaksanaan konsep triple helix (sinergi akademisi, pemerintah, dan industri) dalam memajukan riset. Salah satu hasilnya adalah pengembangan sistem pertempuran udara.

"Kerja sama ini akan memperkuat semua pihak dan memungkinkan berkontribusi maksimal dalam pembuatan inovasi teknologi," ujar Pontus de Laval.

Untuk diketahui, SAAB merupakan perusahaan yang menyediakan produk, jasa dan solusi terkait pertahanan militer maupun keamanan sipil. Pasar penting SAAB saat ini adalah Eropa, Afrika Selatan, Australia dan Amerika Serikat. (Humas)