6659
Hits

BPPT SELALU SIAP LAKUKAN PERUBAHAN

Administrator
09 Jul 2010
Layanan Info Publik

{rokbox}images/stories/menpan.jpg{/rokbox}{rokbox}images/stories/menpan0.jpg{/rokbox}

Dari sisi dimensi administrasi sudah dipersiapkan dimulai pada bulan Oktober 2008, lalu perbaikan proposal RB dipertengahan tahun 2009, dinilai oleh Kemenpan dan hasilnya lulus. Lalu penilaian dari Tim Independen mengenai kondisi persiapan BPPT hasilnya pun baik. Hal tersebut yang membuat BPPT lebih bungah lagi, dan secara kontinyu dan konsisten melakukan pembenahan sistem yang selanjutnya diimplementasi oleh tim implementasi, kata Marzan.

Dimensi kedua yakni komitmen, Kepala BPPT menyampaikan bahwa saat diangkat menjadi Kepala pidato pertamanya saat dilantik pada 5 Januari 2009 adalah menyampaikan instruksi Kepala BPPT dimana pada poin kelima yaitu menjaga dan meneruskan momentum RB. Yang pada hakekatnya mengenai apa yang harus dilakukan seperti disipin, profesionalisme, networking, fokus pada kegiatan teknologi yang mempunyai dampak nasional dan BPPT First. Kata RB di ungkapkan untuk mengingatkan kepada segenap warga BPPT, bahwa kita ini adalah paket program RB yang menuntut perbaikan kinerja dari semua lini dari staf sampai dengan pimpinan, tegas Marzan.

Selanjutnya pada dimensi hasil, BPPT sudah mendapatkan penilaian, secara kuantitatif dan kualitatif dapat dilihat hasil dari program RB dalam setahun di BPPT yaitu status laporan keuangan BPPT meningkat, WDP tahun 2008 sampai WTP tahun 2009 paling besar, dan dua PNS berprestasi, serta hak paten BPPT paling banyak diantara Lembaga Pemerintahan non Kementerian (LPNK) dibidang riset lainnya.

Tetap lakukan perubahan


Secara umum BPPT sudah menjalankan program RB. Sebenarnya ada atau tidaknya program RB, BPPT harus berubah. Kalau tidak, BPPT akan menjadi lembaga yang tidak mempunyai manfaat, padahal kita ingin mempunyai manfaat yang besar untuk memutar roda pemerintahan ini. Caranya SDM sudah ada dan baik, fasilitas bagus, budget sudah ada tinggal bagaimana untuk mengelolanya. Itulah program perubahan yang disebut program RB, jelas Marzan

Program BPPT saat ini yang sangat menarik adalah lisensi dari paten. Jika teknologi BPPT dipakai oleh industri dan mendapatkan lisensi, 40% dari total lisensi kembali lagi ke perekayasa yang melaksanakan kegiatan. Program tersebut merupakan instruksi Kepala BPPT, dilaksanakan oleh unit pelayanan BPPT yang melakukan kontrak dengan Industri. Program ini sebagai upaya agar teman-teman semakin semangat,

Menurut Marzan, RB merupakan suatu wadah untuk mengangkat citra PNS untuk lebih baik lagi, dengan segala kelemahannya. Saya yakin, payung RB adalah payung yang legal, sehingga setiap pimpinan yang menginginkan perbaikan dari setiap kinerja karyawannya mendapat dukungan dari program RB tersebut. Semua itu dapat terwujud dengan satu syarat, yaitu komitmen pimpinan.

Melalui program RB ini, dalam lima tahun kedepan BPPT akan menjadi lembaga yang unggul dalam teknologi, memberikan pelayan kepada industri, publik dan instansi pemerintahan dalam pemanfaatan teknologi untuk pembangunan nasional yang optimal sebagai hasil dari program RB. Target real yang ingin dicapai adalah BPPT dapat mendukung industri agar dapat lebih berperan dalam peningkatan pertumbuhan perekonomian, jabarnya. (KYRA/humas)