5073
Hits

BPPT Siap Cetak UMKM Tanaman Anggrek di Tangsel

Administrator
01 Jul 2015
Kebijakan Teknologi

 

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari pengembangan National Science Techno Park yang diamanatkan oleh Presiden RI Joko Widodo melalui program Nawa Cita-nya yang menyatakan pemerintah harus mengembangkan potensi daerah dengan membangun 100 Techno Park.

 

Kepala BIT BPPT Anugerah Widiyanto mengatakan jumlah UMKM di Indonesia masih sangat rendah, padahal syarat untuk negara agar bisa maju, jumlah UMKM-nya minimal empat persen. Oleh karena itu, untuk meningkatkan jumlah UMKM di Indonesia maka dilakukan pengembangan National Science Techno Park guna menciptakan UMKM baru yang berbasis inovasi.

 

"Kegiatan pembangunan 100 Techno Park fokusnya adalah untuk mencetak pusat inovasi dan inkubator bisnis guna meningkatkan perekonomian daerah. Di tahun 2015 ini, BIT BPPT telah merevitalisasi diri menjadi pusat inovasi untuk melahirkan UMKM baru yang mampu meningkatkan perekonomian daerah," kata Anugerah.

 

Di tempat yang sama, Kepala Balai Pengkajian Bioteknologi (Biotek) BPPT, Tarwadi juga mengungkapkan hal yang serupa. Kegiatan Sosialisasi dan Seleksi Calon UMKM Anggrek di Tangerang Selatan merupakan langkah nyata dari BPPT untuk menciptakan inkubator bisnis guna meningkatkan perekonomian daerah.

 

"Saya berharap dari kegiatan ini bisa memberikan pelatihan dan informasi bagi para pengusaha anggrek baru yang pada akhirnya bisa meningkatkan perekonomiannya. Di Biotek sendiri kami telah mengembangkan beberapa teknologi kultur jaringan yang mampu menghasilkan bibit tanaman tanpa harus mengimpor lagi," ujar Tarwadi.

 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel), Dadang Raharja mengungkapkan bahwa Pemkot Tangsel telah memiliki program dan kegiatan untuk memberikan pembinaan dan pelatihan bagi para pelaku usaha tanaman anggrek.

 

"Prospek dari tanaman anggrek sangat menggiurkan jika ditekuni dengan baik dan didukung manajemen yang baik pula. Kami berharap kegiatan sosialisasi yang bersinergi antara BPPT dan Pemkot Tangsel bisa terus berlanjut, sehingga mampu menghasilkan para pelaku usaha tanaman anggrek yang berkualitas," tutup Dadang. (Humas)