1980
Hits

BPPT Siap Dorong Peningkatan Daya Saing Daerah

Administrator
23 Jul 2019
Layanan Info Publik

 

Sebagai salah satu langkah untuk memberikan informasi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) ke masyarakat, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menerima kunjungan Anggota DPD/MPR RI Intsiawati Ayus di Puspiptek, Tangerang Selatan (23/07). Kunjungan tersebut guna meningkatkan daya saing daerah, karena pemerintah daerah memiliki peran strategis dalam mendorong kebijakan serta pemanfaatan teknologi.

 

Deputi Bidang TAB BPPT Soni Solistia Wirawan menyambut baik kunjungan tersebut, Dikatakannya, bahwa BPPT telah menghasilkan berbagai macam inovasi. Inovasi tersebut bahkan sudah sampai ke masyarakat yang berdampak pada peningkatan nilai ekonomi, ujar Soni.

 

Dalam pertanian dan pangan, BPPT ungkap Soni telah berhasil mengembangkan ikan nila SALINA. Ikan ini mampu hidup di air payau bahkan di air laut, sehingga budidaya menggunakan jaring apung sangat memungkinkan untuk dilakukan.

 

Produk unggulan BPPT yang lain kata Soni adalah beras dengan berbahan baku sagu. Menurutnya, tingginya konsumsi nasi jelas akan membawa konsekuensi pada berbagai hal mulai dari keharusan penyediaan stok beras hingga masalah kesehatan yang mungkin timbul.

 

Melihat potensi bahaya jangka panjang pada ketergantungan nasi, BPPT mengembangkan beras berbahan sagu tersebut yang mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga akan cocok untuk para penderita penyakit diabetes, jelas Soni.

 

Sementara Intsiawati menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan adalah guna menambah informasi mengenai teknologi yang dimiliki BPPT.

 

Nantinya kami akan menyampaikan teknologi tersebut kepada kelompok tani dan masyarakat di wilayah kami, jelas Anggota DPD/MPR RI tersebut.

 

Semoga dengan teknologi yang dimiliki BPPT dapat menjawab persoalan dan kebutuhan masyarakat, seperti teknologi budidaya ikan gabus untuk obat. Intsiawati juga berharap beberapa produk sagu dan sawit agar dapat diberikan sentuhan teknologi oleh BPPT guna meningkatkan perekonomian di Provinsi Riau. (Humas/HMP)