2932
Hits

BPPT- SWJTU Lakukan Kolaborasi Riset Dan Transfer Teknologi Kereta Cepat

Administrator
29 Jun 2021
Layanan Info Publik

 

Sektor Transportasi merupakan salah satu bidang strategis dalam rangka mendukung pemulihan, percepatan pertumbuhan maupun pemerataan ekonomi Indonesia. Transportasi juga merupakan unsur vital dalam kehidupan bangsa dan dalam memupuk kesatuan dan persatuan bangsa.

 

Saat ini Indonesia tengah mengembangkan industri Kereta Api Cepat yang berstandar internasional, telah menyiapkan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional 2030. Untuk itu akuisisi teknologi Kereta Api Cepat dari negara maju jg perlu dilakukan.

 

BPPT juga berkontribusi dalam menyelesaikan isu strategis konektivitas kereta api dengan meningkatkan peran pengkajian dan penerapan teknologi melalui penguatan ekosistem inovasi dalam konsorsium Flagship Prioritas Riset Nasional (PRN) Teknologi Perkeretaapian. 

 

Berangkat dari hal tersebut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi (PTSPT) menggelar webinar dengan tema “Propulsion System for High Speed Train”, yang merupakan kolaborasi antara BPPT dan South West Jiaotong University (SWJTU), Repubik Rakyat Tiongkok sebagai bagian dari Joint Research Centre on High Speed Railway Technology yang berlangsung sejak tahun 2019 (29/06).

 

Deputi Bidang Teknologi Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR) BPPT Wahyu Widodo Pandoe menyampaikan terkait pelaksanaan Prioritas Riset Nasional (PRN) dibidang perkeretaapian dan kerjasama riset antara BPPT dan SWJTU. Ia mengharapkan kerjasama riset yang berlangsung selama ini dapat terus berjalan dan menjadi platform transfer teknologi antara Tiongkok dan Indonesia, terutama di bidang kereta api cepat.

 

Hal yang sama juga disampaikan Yi Fanping Science and  Technology Counselor Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia berharap kerjasama ini dapat mempererat hubungan antara Indonesia dan Tiongkok serta dapat meningkatkan teknologi Kereta Api Cepat kedua negara.

 

Sebagai informasi, hadir sebagai pembicara di acara webinar diantaranya Nacep Suryana dari BT2MP BPPT, Mochammad Rusli dari Universitas Brawijaya, Waru Djuriatno dari Universitas Brawijaya, Xin Zhao dari Southwest Jiaotong University, Song Xiao dari Southwest Jiaotong University dan Huailong dari Southwest Jiaotong University. (Humas BPPT)