4725
Hits

BPPT : Teknologi Modifikasi Cuaca, Dari Mengurangi Curah Hujan Hingga Meminimalisir Bencana Banjir

 

Seto menerangkan, di layar ini bisa kita lihat prakiraan umum di wilayah Indonesia, kemudian juga kita lihat bagaimana model yang kita jalankan dalam memprediksi curah hujan yang akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia khusus nya dalam hal ini pulau jawa.

 

Kemudian lanjut Seto, kita juga akan mengikuti bagaimana monitoring awan atau hujan setiap jamnya, dari situ ada harapan tentunya jika terjadi sesuatu kita dapat memberikan peringatan ke masyarakat.

 

Jika memang diperlukan menurut Seto, kita punya teknologi modifikasi cuaca untuk mengurangi curah hujan guna meminimalisir dampak bencana banjir. “Ini pernah kita lakukan tahun tahun 2013 dan 2014 di Jakarta dan sekitarnya kita lakukan TMC supaya hujan yang jatuh ke Jakarta berkurang, dan hasilnya cukup baik, berkurang 30-35%”, jelas Seto.

 

Dengan data-data yang ada di Balai Besar TMC ini, kita bisa memberikan rekomendasi dan peringatan. Data-data ini semua selalu kita update dan analisis, jadi selain untuk memberikan informasi peringatan dini, juga untuk keperluan belajar agar dapat terus memahami cuaca kita, kemudian bagaimana cara melakukan modifikasi, agar teknologi TMC baik untuk menambah curah hujan maupun untuk mengurangi curah hujan kedepan semakin efektif, tutup Seto. (Humas/HMP)

 

Pewarta/Editor: ARZ

 

Lihat Foto Kegiatan disini