3042
Hits

Cegah KARHUTLA di KALBAR, BPPT Siapkan Teknologi Modifikasi Cuaca

 

Dalam sambutannya Deputi Kepala BPPT Bidang TPSA Wimpie Agoeng Noegroho mengatakan,  pola operasi hujan buatan ini kita upayakan secara terpadu dan terintegrasi dengan teknologi-teknologi yang ada sehingga, kita bisa memanfaatkan situasi dan bisa mencegah serta mengurangi hotspot yang ada. Wimpie juga berharap dukungan kepada semua pihak yang terlibat dalam operasi teknologi modifikasi cuaca tersebut agar pengurangan hotspot atau titik api bisa berjalan dengan baik.

 

Kami akan terus berupaya untuk setiap aktifitas atau kegiatan agar dapat lebih baik lagi dan kami selalu mencari inovasi-inovasi baru sehingga bisa melakukan yang lebih efektif dan hasil yang maksimal, Jelas Wimpie.

 

Sementara dikesempatan yang sama Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto mengatakan, operasi hujan buatan adalah bagian dari subsistem besar yaitu sistem penanggulangan bencana.

 

Menurut Tri, ini merupakan pekerjaan bersama bukan individual dan bukan kerja parsial, semuanya punya peran untuk mensukseskan pemadaman api. Harapan saya kepada semua yang terlibat mari kita fokus untuk mempercepat api padam dan asap hilang.

 

Saya juga berharap kepada BPPT agar dapat meneruskan inovasi. “BNPB terus akan memberikan ruang untuk inovasi dan peningkatan teknologi, setiap bencana melahirkan teknologi dan inovasi baru disinilah peran BPPT”, tutup Tri.

 

Sebagai Informasi, hadir juga pada pembukaan kegiatan pemanfaatan TMC untuk menanggulangi Karhutla, Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Tri Handoko Seto, Komandan Lanud Supadio Tatang Harlyansyah, serta perwakilan dari BPBD dan BMKG.