2083
Hits

Deputi TAB: TFRIC-19 Next Gen Hadirkan Inovasi Teknologi Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Administrator
21 Aug 2021
Layanan Info Publik

Dalam rangka aksi Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Penanganan Covid-19 (TFRIC-19) Next Generation dan rangkaian HUT BPPT ke-43 tahun 2021, BPPT selenggarakan webinar dengan tema “TFRIC-19 Next Gen Berburu Inovasi Melawan Covid-19”. (21/08)

Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB BPPT) Soni Solistia Wirawan, bahwa pelaksanaan kegiatan TFRIC-19 Next Gen  yang dipelopori BPPT dan dikerjakan bersama mitra-mitra di lembaga penelitian dan industri ini adalah bentuk nyata dari implementasi ekosistem inovasi yang prosesnya di awali dari penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan.

Kegiatan TFRIC-19 ini melibatkan berbagai mitra sebagai komponen pembentuk inovasi, yaitu : lembaga penelitian, industri, komunitas di masyarakat dan juga media. Peluncuran produk inovasi yang akan dilakukan oleh BPPT hari ini, adalah hasil “perburuan“ inovasi di bidang teknologi, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kepercayaan dan kebanggaan masyarakat, bahwa di tengah situasi pandemi CoVID-19, bangsa Indonesia mampu menghasilkan berbagai produk inovasi teknologi untuk mengurangi dampak pandemi CoVID-19 di masyarakat, dengan bersumberkan sumberdaya dalam negeri, ujar Soni.

Soni menambahkan Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara hybrid, luring (offline) terbatas dan daring (online) ini, dapat disaksikan melalui berbagai media eletronik seperti :  aplikasi pertemuan online Zoom, kanal Youtube CNN TV dan BPPT TV yang dihadiri oleh : mitra industri, pemerintah daerah, civitas perguruan tinggi, peneliti/perekayasa lembaga penelitian, sahabat teknologi, komunitas dan masyarakat luas, BPPT Bersama Lembaga litbang, perguruan tinggi, kementerian/Lembaga, BUMN, industry swasta, start up, Rumah Sakit dan beberapa asosiasi serta media telah melakukan inovasi teknologi dalam waktu relative singkat. Produk Rapid Test Diagnostik RIGHA, PCR test BioCOV dan mBioCOV, ventilator darurat, mobile laboratory BSL2 dan berbagai produk inovasi Covid-19 lainnya telah berhasil diproduksi dan mendapatkan apresiasi serta diluncurkan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 20 Mei 2020 di Istana Presiden.

TFRIC-19 Next Gen pada tahun 2021, melalui 5 aksi program inovasi yaitu : Kajian Keekonomian dan Teknologi, Inovasi Alat Kesehatan, Inovasi Suplemen Kesehatan, Penguatan Data sain dan Kecerdasan Artifisial dan dan Penguatan Kerjasama, Networking serta publikasi media, dan hari ini BPPT akan meluncurkan 10 produk inovasi, yaitu :

  • Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen “BPRO”
  • Bahan Baku RDT Antigen : N & S Monoclonal Antibody Sarcov-2
  • Kit Antibodi netralisasi
  • Suplemen WHOLE BETA
  • Suplemen STAMILIC
  • BISKUIT NG
  • Beras FORTI VIT
  • Purula
  • Dataset Senyawa Tanaman Obat
  • Buku Kajian Kebijakan Teknologi

Sementara itu Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany  mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada BPPT, semoga BPPT tetap semangat dan tetap terus tumbuh.  Kehadiran TFRIC 19 ditengah pandemi Covid-19 ini dirasakan betul manfaatnya, BPPT yang merupakan bagian dari wilayah Tangerang Selatan khususnya di Puspiptek Sains Technopark diharapkan bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

BPPT melalui TFRIC19 dengan produk inovasi alat kesehatannya seperti ventilator dan PCR kit, Rapid Test, Biscuneo serta Mobile Lab BSL  sangat membantu sekali, ujarnya

Diusia BPPT yang ke 43 tahun ini BPPT hadir dan lahir dengan kemampuan menguasai inovasi dari hulu sampai hilir khususnya untuk penanganan covid-19 ini, Airin mengatakan tahun 2020 lalu merupakan saksi sejarah dimana BPPT mampu dan bisa melahirkan inovasi-inovasi seperti pangan, kemandirian dibidang kesehatan dan hal-hal lainnya yang cukup luar biasa dan sangat membantu masyarakat Indonesia,  Mimpi kita mimpi besar ujar Airin dimana BPPT diharapkan bisa menciptakan semuanya bahkan bisa memproduksi dan bisa diekspor ke luar negeri.

Diharapkan agar produk-produk inovasi Kegiatan TFRIC-19 BPPT ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, terutama di dalam upaya mengurangi dampak pandemi CoVID-19 ini. Dan melalui kegiatan ini, ekosistem inovasi dan kemitraan yang telah terbentuk, akan  semakin berkembang, serta melahirkan berbagai produk inovasi baru.