3375
Hits

Dongkrak Pendapatan Daerah, BPPT Bantu Belitung Bangun Pelabuhan Yacht dan Perbanyak Potensi Bibit Lada

Administrator
04 Jun 2016
Layanan Info Publik

 

 

Wakil Bupati Kabupaten Belitung, Erwandi A Rani dalam sambutannya di Gedung Bappeda Kabupaten Belitung, Jumat (03/06), mengatakan Pemkab Belitung menyambut baik dengan adanya kerja sama ini. Dirinya yakin bekerja sama dengan BPPT akan mampu meningkatkan pendapatan daerah Belitung.

 

Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa, Erzi Agson Gani, menyampaikan hal serupa. Menurutnya, dengan membawa teknologi yang dimiliki BPPT ke Belitung, akan membantu Belitung menjadi pusat wisata eco marine dan agro.

 

“Kita akan mulai dari pesisir Belitung dengan membangun area labuh yacht. Dengan adanya area ini diharapkan akan meningkatkan wisatawan dan menambah masa tinggal, khususnya bagi wisatawan mancanegara (wisman). Sedangkan untuk menjadikan Belitung sebagai pusat agrowisata, kami akan fokus ke perbanyakan bibit lada dengan teknologi kultur jaringan ex-vitro", papar Erzi.

 

Tak hanya itu, lanjut Erzi, untuk mendukung Belitung sebagai pusat pariwisata, BPPT juga telah menyiapkan teknologi pengolahan sampah dan air bersih. "Itu semua kami siapkan sebagi solusi-solusi teknologi, untuk menghadapi dampak dari pariwisata yang mungkin akan dihadapi Belitung kedepan",

 

Pentingnya pembangunan area labuh untuk yacht di kawasan Belitung, menurut Erwandi dikarenakan selama ini para wisman yang berkunjung ke Belitung, lebih memilih untuk melabuhkan kapal pesiar mereka di kawasan Malaysia dan melanjutkan perjalanan ke Belitung dengan menggunakan kapal kecil.

 

Dengan adanya area labuh yatch, diharapkan wisman dapat memperpanjang masa singgahnya di Belitung sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat dan mendongkrak pendapatan daerah.

 

"Daerah kami membutuhkan teknologi BPPT. Kami berharap dengan adanya teknologi tersebut akan mampu meningkatkan bahkan mengeksplorasi lebih jauh semua potensi yang dimiliki Belitung. Untuk masyarakat dan daerah kami", tandas Erwandi. (HUMAS/HMP)