3396
Hits

Dorong Kontribusi dalam Pembangunan Nasional, BPPT Tingkatkan Komposisi SDM Iptek

Administrator
12 Apr 2019
Layanan Info Publik

 

Pusbindiklat BPPT selenggarakan Rapat Koordinasi sebagai salah satu upaya untuk menindaklanjuti hasil Rapat Kerja BPPT Tahun 2019 yakni pencapaian komposisi 15% SDM Iptek BPPT berpendidikan S3 yang dicapai pada tahun 2024, serta persiapan pelaksanaan harmonisasi dan penajaman program Pusbindiklat BPPT dalam mendukung peningkatan kompetensi SDM Iptek, Yogyakarta (12/04/19).

 

Kepala BPPT, Hammam Riza dalam arahannya mengatakan pengembangan SDM Iptek BPPT untuk mencapai target komposisi S2/S3 pada tahun 2024  merupakan tantangan tersendiri bagi Pusbindiklat BPPT. Disebutnya bahwa komposisi PNS BPPT berdasarkan usia, PNS yang berusia di atas 46 tahun saat ini komposisinya sekitar 50% dari total jumlah pegawai BPPT.

 

Tantangan Pusbindiklat kedepan menurut Hammam, adalah pengembangan SDM Iptek BPPT untuk menghasilkan SDM berkualitas yang mampu mengatasi tantangan
di era revolusi industri 4.0 di masa mendatang.

 

Tantangan ini lah yang harus direspon Pusbindiklat dengan melakukan rekayasa ulang terhadap program kegiatan pengembangan kompetensi SDM Iptek BPPT, baik melalui pendidikan maupun pelatihan klasikal dan non
klasikal.

  

Program kegiatan pengembangan kompetensi yang dilaksanakan harus mampu meningkatkan kompetensi SDM Iptek untuk mengatasi paradigma baru era revolusi industri 4.0 di proses produksi, baik di industri maupun pelayanan publik, dengan tiga dimensi utama, yakni manusia, teknologi/mesin, dan big data, jelas Hammam.

 

Sementara, Kepala Pusbindiklat BPPT Suhendar I Sachoemar menyebut pencapaian komposisi 15% SDM Iptek BPPT berpendidikan S3 tersebut sangat strategis, agar BPPT mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam memberikan solusi teknologi pada pembangunan nasional.

 

Lanjutnya, Pusbindiklat BPPT juga melakukan peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna mewujudkan pelayanan prima seperti layanan pembinaan, layanan pendidikan dan layanan pelatihan diantaranya pengembangan e-DUPER, e-STKK, integrasi dengan SIDADU dalam pemutakhiran data tugas belajar, pelaporan tugas belajar secara elektronik dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas layanan administrasi kegiatan kerekayasaan dan perekayasaan di BPPT.

 

Pada rapat koordinasi kali ini guna meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan tugas dan fungsi jabatan, Pusbindiklat BPPT juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas Eselon III dan IV yang akan dilakukan secara elektronik dengan menggunakan I-Otentik.

 

Diharapkan dengan terlaksananya rapat koordinasi ini dapat menghasilkan  pemikiran-pemikiran inovatif dan peningkatan kinerja Pusbindiklat BPPT dalam pelaksanaan tugas dan fungsi untuk peningkatan SDM Iptek BPPT ke depan. (Humas/HMP)