4655
Hits

Dukung Kesiapsiagaan Terhadap Bencana, BPPT Kenalkan Inovasi Teknologi Mitigasi Bencana Hidrometeorologi

 

 

Dikatakan Seto, seiiring dengan kemajuan riset TMC pengurangan curah hujan, China dan Rusia menerapkan TMC untuk mengurangi bahkan mencegah terjadinya hujan pada beberapa even kenegaraan.

 

Di Indonesia menurut Seto, kebutuhan TMC sangat tinggi, seperti banjir di Jakarta dan beberapa daerah lain yang terjadi hamper setiap tahun merupakan masalah yang sangat serius.

 

Sementara, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo menyampaikan terkait dengan meteorologi, kami lebih banyak membahas  cuaca serta keterkaitannya dengan  kebencanaan.

 

Lanjut Mulyono, secara umum untuk mengamati dan memberikan informasi cuaca harus ada data yang diperoleh, informasi cuaca hanya sebagai salah satu masukan dalam proses pengambilan keputusan.

 

Informasi cuaca berbasis dampak dan peringatan dini berbasis resiko diharapkan dapat terintegrasi langsung dengan sistem manajemen kebencanaan hingga level provinsi atau kabupaten, tutup Mulyono.

 

Sebagai informasi, dikesempatan tersebut juga hadir Deputi Bidang TPSA BPPT Hammam Riza, Deputi Bidang Pengindraan Jauh LAPAN Orbita Roswintiarti, Direktur Pusat Teknologi Reduksi Resiko Bencana BPPT Eko Widi Santoso, Jurnalis Senior Armi Susandi serta Direktur Utama PT INTI Darman Mappangara. (Humas/HMP)