8480
Hits

DUKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI-BPPT UNTUK PEMILU 2009

‚Kata kuncinya adalah penyajian perolehan suara pemilu secara cepat, akurat, dan transparan,‚ ujar Marzan Aziz Iskandar, Kepala BPPT, dalam pidatonya pada acara Peluncuran Kesiapan Operasional Infrastruktur KPU, di Gedung Telkom Jakarta, 4 April kemarin. Pengertiannya adalah masyarakat dapat mengikuti dan mengawasi rekapitulasi perhitungan suara secara berjenjang mulai dari tingkat propinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan, hingga TPS. ‚Masyarakat pun dapat mengikuti perkembangan tabulasi nasional perolehan suara secara terus menerus hingga ditetapkannya hasil perolehan suara Pemilu 2009, ‚ tambah Kepala BPPT.

KPU Pusat pun dihimbau supaya bisa mendorong penggunaan infrastruktur ini dengan meminta pihak-pihak terkait seperti KPUD, operator, dan lainnya, untuk melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Terkait hal itu Kepala BPPT menyampaikan rasa khawatir bahwa jumlah operator di tingkat kabupaten/kota hanya dua orang saja. ‚Diharapkan semoga jumlah itu bisa ditambah menjadi enam atau delapan orang, sehingga bisa bergantian melakukan entri data. Sehingga bisa mengurangi tingkat kesalahan dalam entri data,‚ ungkap Marzan.

Adapun tim ahli dari BPPT yang bertugas membantu persiapan infrastruktur Teknologi Informasi KPU berjumlah sebanyak 34 orang staf yang berkompeten di bidangnya. Dalam penutupan pidato, Marzan meminta dukungan dan doa restu dari berbagai pihak supaya sistem ini bisa berjalan dengan baik. (SP/humas)