5136
Hits

GALI POTENSI SDA DAN SDM DAERAH MELALUI PENERAPAN SID

Administrator
01 Jun 2011
Layanan Info Publik

Untuk memberi pemahaman dan persamaan persepsi tentang SID, BPPT, Balitbangda Provinsi Riau dan Kabupaten Pelalawan sepakat bekerjasama. Dari kegiatan ini pula, diharapkan akan dapat menggali masukan serta mencari potensi-potensi daerah yang dapat dikembangkan, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan, Zardewan, dalam laporannya pada acara Workshop Penguatan Sistem Inovasi Daerah, di Kabupaten Pelalawan, Riau (30/05).

Hal yang sama juga kembali diperkuat oleh Bupati Palelawan dalam sambutannya. Workshop ini jelas akan membawa dampak positif bagi daerah kami (Pelalawan-red). Potensi-potensi yang dimiliki, baik yang masih terpendam maupun yang sudah dieksplorasi, harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin agar daerah Pelalawan tidak tertinggal, tegasnya.

Sedangkan menurut Wakil Gubernur Provinsi Riau, Mambang Mit, workshop menjadi langkah yang baik bagi para stakeholders untuk meningkatkan daya saing daerah. Peluang bagi para investor terbuka luas disini, ucapnya.

Pentingnya penguatan SID untuk mewujudkan SIN, juga diperjelas Kepala BPPT, Marzan A Iskandar, yang secara langsung hadir dalam acara. Potensi daerah, akan terkait langsung dengan tingkat pendapatan penduduk dan jumlah penyerapan tenaga kerja. Sejauhmana daerah dapat dikatakan sejahtera, dapat dilihat jelas dari kedua faktor tersebut.

Dikatakan pula oleh Marzan, melalui SID, percepatan akselerasi untuk meningkatkan daya saing Indonesia akan terwujud. BPPT ingin membantu daerah menggali semua potensi yang ada. Kita tidak bisa lagi mengandalkan keberhasilan daerah hanya dengan mengandalkan potensi sumberdaya alam yang tidak terbarukan, harus yang lain. SDM merupakan salah satu potensi terkuat yang dapat dipersiapkan, tegasnya. (SYRA/humas)