5040
Hits

Gelar Refleksi Akhir Tahun, BPPT Paparkan Capaian Sepanjang Tahun 2015

Administrator
23 Dec 2015
Layanan Info Publik

 

 

Ada banyak capaian BPPT yang dihasilkan oleh tiap kedeputiannya. Dari Kedeputian Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB-BPPT), yang saat ini dipimpin oleh Dr. Eniya L Dewi, berhasil melakukan inovasi teknologi dan sistem produksi Ikan Nila SALINA yang mampu hidup di air payau dengan tingkat tingkat salinitas (keasinan) 20-25 ppt, inovasi dan alih teknologi pengembangan pangan pokok lokal untuk ketahanan pangan nasional dan pemanfaatan sumber daya hayati Indonesia untuk pengembangan obat antimalaria dan antiamuba.

 

Di Kedeputian Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM BPPT), yang dipimpin oleh Dr. Hammam Riza telah berhasil melakukan inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), seperti pengembangan algoritma biometrik, pengembangan peralatan elektromedika, pengembangan smart bandara. Pengembangan produk implan tulang SS 316L dan Bioceramics Hydroxiapatite berbahan baku lokal sebagai subtitusi impor yang menghemat devisa untuk aplikasi kedokteran orthopedic. Inovasi teknologi di bidang bahan bakar seperti pemanfaatan pure plant oil (PPO) untuk substitusi BBM pada pembangkit listrik dan pengembangan teknologi PLTP skala kecil 500 KW Geothermal Binary Cycle Power Plant (PLTP) Di Lahendong.

 

Kedeputian Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA BPPT), yang dikomandoi Prof.Dr. Wimpie AN Aspar berhasil melakukan inovasi dan layanan teknologi eksplorasi sumber daya alam berbasis teknologi penginderaan jauh maju yaitu teknologi Polarimetric Synthetic Aperture Radar (Pol_SAR) Remote Sensing Untuk estimasi fase tumbuh tanaman dan menghitung luas panen sawah. Inovasi dan layanan teknologi peningkatan nilai tambah mineral. Pemanfaatan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk menanggulangi bahaya hidrometeorologi. Dan, operasi SAR dalam pencarian pesawat Air Asia QZ8501 dengan KR Baruna Jaya 1.

 

Di Kedeputian Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR-BPPT)  yang dikepalai oleh Dr. Erzi A Gani, berhasil melakukan inovasi teknologi kapal perang nasional guna menuju kemandirian industri hankam matra laut melalui pengembangan desain kapal cepat rudal, kapal patroli, teknologi kapal selam, rancang bangun Swamp Boat. Inovasi teknologi pesawat udara nir awak (PUNA), seperti Puna Wulung, Puna Alap-Alap, Indonesia Medium Altitude Long Endurance Drone (I-MALE-x). Inovasi dan layanan teknologi industri petro kimia dan migas, serta menyiapkan layanan teknologi permesinan pabrik gula Glenmore.

 

Di Kedeputian Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT BPPT) pimpinan Dr. Tatang A. Taufik, berhasil menerapkan  penebaran benih Ikan Nila Salina di kawasan Techno Park Perikanan Kota Pekalongan. Menghasilkan produk tenant hasil dari inkubasi di pusat inovasi seperti alat perontok sisik ikan, pupuk organik berbasis urine dan kotoran sapi, budi daya jamur merang, jamur cripsy dan keripik jagung aneka rasa.

 

Kepala BPPT memberikan arahan agar program BPPT harus fokus dalam mendukung program Kabinet kerja terutama yang terkait dalam agenda prioritas nasional. Pelaksanaan program harus didukung dengan fasilitas, sumberdaya manusia yang kompeten, sinergi antar unit kerja dalam mengelola kegiatan khususnya kegiatan-kegiatan yang melibatkan lintas unit kerja.

 

"Yang tak kalah penting adalah pelaksanaan program harus dilakukan dengan tata kelola yang baik (transparan dan akuntabel) serta tertib administrasi," tutup Kepala BPPT. (Humas)