2773
Hits

Gempa Lombok, BPPT Kirim Ratusan Implan Tulang Inovasi Lokal

 
 
"Kegiatan ini merupakan upaya berkelanjutan BPPT melalui PTM sebagai PUI Teknologi Material Medis, untuk mendiseminasikan  inovasi implan tulang SS 316L yang telah mendapatkan sertifikasi produksi di lini produksi implan mitra industri, PT. Zenith AP dan ijin edar dari Kementerian Kesehatan," ungkap Mahendra via pesan instan.
 
 
 
Implan tulang ini urainya, ditujukan untuk korban guna rehabilitasi patah atau retak tulang (bone fracture) yang dialami oleh korban gempa Lombok.
 
 
 
"BPPT bersama mitra industri PT. Zenith AP memberikan ratusan implan tulang kepada korban gempa lombok, yang umumnya mengalami retak atau patah tulang akibat benturan reruntuhan bangunan atau objek lainnya akibat goyangan gempa (earthquake shaking) 7 skala Richter," jelasnya.
 
 
Diutarakannya lebih lanjut, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan tim Dokter Bedah Orthopedi untuk Bencana Gempa Lombok.
 
 
"Saat ini pihak kami telah menyerahkan bantuan kepada Koordinator tim Dokter Bedah Orthopedi untuk Bencana Gempa Lombok, Dr. Lanang, SpOT (K) yang dikoordinasikan melalui Sekretaris Dirjen Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI, Dr.dr. Agus Hadian Rahim , SpOT(K), yang juga memberi apresiasi dengan adanya implan tulang inovasi BPPT ini," ujarnya.
 
 
Dari kegiatan ini sangat terlihat bahwa Inovasi BPPT, selain berdampak di bidang teknologi, juga menjadi  solusi kebencanaan untuk kemanusiaan.
 
 
"Semoga inovasi implan tulang ini dapat meluas pemanfaatannya. Serta mampu mensubstitusikan produk alkes implan tulang yang importasinya masih sekitar 90 persen," pungkasnya. 
 
 
Sebagai informasi hasil riset dan pengembangan BPPT implan tulang ini merupakan hasil karya inovasi anak bangsa, yang telah mendapatkan penghargaan dari Menkes RI dan Terbaik II Indonesia Health Care Forum Innovation Award 2018. (Humas/HMP)