463
Hits

Hadirkan Produk Anak Negeri Melalui Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi

Administrator
20 May 2021
Layanan Info Publik

BPPT mempunyai fungsi strategis dalam meningkatan penguasaan teknologi dan menghasilkan inovasi hal terebut tertuang didalam Undang-undang SISNAS No 11 Tahun 2019. Sebagai lembaga pengkajian dan penerapan bersama dengan empat komponen lain yakni lembaga litbang, badan usaha, perguruan tinggi dan lembaga penunjang, BPPT berkiprah dalam menguasai dan mendayagunakan teknologi serta menjamin keberhasilannya, kata Kepala BPPT Hammam Riza diacara Media Gathering Satu Tahun Inovasi Teknologi Covid-19: Menjaga dan Memperkuat Ekosistem Inovasi Teknologi Penanganan Covid-19 dan Penyakit Infeksi Lainnya, di Jakarta (20/05).  

 

Karena itu lanjut Hammam, BPPT akan terus menjalankan arahan Presiden untuk berburu inovasi khususnya delapan bidang teknologi dengan semangat meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, meningkatkan TKDN serta membangun sistem inovasi untuk setiap fokus bidang teknologi.

 

Hingga saat ini pandemi jelas belum berakhir dan harus mendapatkan perhatian yang serius. Kepada rekan-rekan di TFRIC 19 Hammam berpesan bahwa tugas kita belum selesai dan masih dinantikan untuk terus berburu inovasi sebagai wujud nyata keberhasilan ekosistem inovasi nasional dengan anggota yang berasal dari berbagai institusi litbang pemerintah, 18 perguruan tinggi, berbagai industri nasional, enam startup, rumah sakit dan 15 komunitas.

 

Banyak makna dan pelajaran yang diperoleh dari perjalanan TFRIC di tahun 2020 dan ini menjadi modal yang luar biasa. Menurutnya, banyak hal yang bisa ditarik selama kita berada didalam tataran yang sama dalam bekerja mengejar inovasi maka kita akan sampai ketujuan secara bersama.

 

Pandemi ini ungkap Hammam telah membangunkan dan menyadarkan kita bahwa kesiapan dan ketahanan nasional khususnya dalam menangani pandemi ini menjadi sesuatu yang sangat serius ditambah dengan ketergantungan alat dan produk impor yang tinggi.

 

Karenanya bagaimana menghadirkan produk anak bangsa untuk bisa memenuhi kebutuhan sendiri. “Itulah sesungguhnya yang disebut kemandirian teknologi”, ujar Hammam.

 

Ditahun 2021 ini, BPPT ingin melanjutkan semua upaya dalam memerangi Covid-19 dan upaya untuk bisa memulihkan ekonomi. Otak pemulihan ekonomi nasional jelas Hammam ada didalam keberhasilan membangun ekosistem inovasi untuk seluruh pruduk yang dibutuhkan dalam memerangi Covid-19.

 

BPPT terus berkomitmen meneruskan kegiatan inovasi teknologi, melanjutkan aksi nyata untuk penanganan Covid-19 dan sekaligus memulihkan ekonomi dan kami terbuka bagi para mitra dalam ekosistem inovasi tersebut

 

Hammam juga mengajak untuk menguatkan ekosistem inovasi, dan kepada seluruh komponen ekosistem Pentahelix untuk terus mengedepankan dan mengusai teknologi, mendayagunakan teknologi dan menjadikan BPPT sebagai institusi yang eksis dalam menjamin penerapan teknologi dan inovasi. (Humas BPPT)