8171
Hits

HAK PATEN SALAH SATU INDIKATOR SISTEM PEREKAYASAAN

Administrator
03 Aug 2010
Layanan Info Publik

{rokbox}images/stories/meppohki.jpg{/rokbox}{rokbox}images/stories/meppohki1.jpg{/rokbox}

Pada kesempatan yang sama Kepala Balai Mesin Perkakas, Teknik Produksi Dan Otomasi (MEPPO) BPPT, Michael Andreas Purwoadi mengatakan MEPPO yang merupakan laboratorium design sudah seharusnya menghasilkan banyak paten. Kendala yang kami hadapi adalah kurangnya pemahaman masalah paten. Tahun 2010 ini kami menargetkan 1 paten yang dihasilkan yaitu mengenai mesin lilit pipa apung.

Senada dengan Purwoadi, Kepala Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Aero-Gasdinamika dan Getaran (UPT-LAGG) BPPT, Yanto Daryanto mengatakan bahwa paten merupakan salah satu indikasi dari suatu lembaga yang tidak terlepas kaitannya dengan RB di BPPT yaitu memacu sistem perekayasaan.

Acara bimbingan draft paten yang berlangsung selama tiga hari (2-4/08) dihadiri oleh para pegawai Balai Meppo dan UPT LAGG. Dua narasumber yang hadir dari Dirjen HKI, Mahruzar dan Syafrudin memberikan paparan mengenai HKI secara umum dan teori penyusunan draft paten dan Patentabilitas Suatu Invensi. Melalui acara bimbingan draft paten tersebut diharapakan selain pemahaman mengenai paten yang lebih terbuka, tentunya dapat memacu sistem perekayasaan yang ada di BPPT. (JP/humas)