4304
Hits

Hujan Buatan BPPT Siap Isi PLTA Waduk Kota Panjang dan Danau Singkarak

 

Sekretaris Utama BPPT, Soni Solistia Wirawan mengatakan data curah hujan selama tahun 2015 di DAS PLTA itu pada Januari-Februari dan Maret-Juni 2015 dalam kondisi normal. Namun, pada Juli-Agustus 2015 dalam kondisi di bawah normal.

 

"Kondisi hujan yang mulai berkurang sejak awal Juli 2015 mengakibatkan inflow Waduk Kota Panjang dan Danau Singkarak berkurang drastis, sehingga membuat Tinggi Muka Air (TMA) juga menurun secara signifikan," kata Soni saat membuka Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di PLTA Waduk Koto Panjang dan Danau Singkarak Tahun 2015, di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, (1/9).

 

Soni menambahkan, meskipun terjadi penurunan TMA, Waduk Kota Panjang dan Danau Singkarak masih relatif aman. Namun perlu diingat bahwa kondisi El-Nino yang kuat sampai akhir tahun 2015 akan berdampak pada berkurangnya curah hujan sampai akhir tahun dan perlu diantisipasi.

 

Di tempat yang sama, Kepala UPT Hujan Buatan BPPT F Heru Widodo mengatakan pelaksanaan TMC ini dipusatkan di Posko TMC Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Operasi TMC ini didukung oleh satu pesawat milik PT Pelita Air Service, BMKG Wilayah Riau, PT Angkasa Pura dan Lanud Roesmin Nurjadin.

 

"Pelaksanaan TMC ini akan digelar sekitar 45 hari dan dimulai perdana pada hari ini. Direncanakan setiap hari akan dilaksanakan satu atau dua penerbangan, namun juga disesuaikan dengan kondisi awan yang ada," ucapnya.

 

Dengan TMC ini, lanjutnya, diharapkan curah hujan berpeluang terbentuk secara alami dan dapat dikondisikan agar jatuh tepat di dalam catchment area PLTA Waduk Kota Panjang dan Danau Singkarak, dengan durasi yang lebih panjang. "Sehingga secara keseluruhan akan memberikan penambahan curah hujan di daerah yang ditargetkan," imbuhnya.

 

Sementara, Manager PT PLN (Persero) Pembangkitan Wilayah Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Pekanbaru, Charles Leonard Damanik, berharap dari operasi ini mampu menaikkan elevasi TMA di PLTA Waduk Kota Panjang dan Danau Singkarak. Sehingga kesinambungan kelistrikan di wilayah Sumatera Barat dan Riau dapat terjaga pasokannya.

 

"Kami juga berharap dari kerjasama antara PT PLN (Persero) dan BPPT dapat terus terjalin dengan baik dalam hal menginformasikan prakiraan cuaca. Tujuannya agar dapat membantu pola pengoperasian pembangkit listrik milik PT PLN (Persero)," tutup Charles. (Humas)