3778
Hits

Implementasikan hasil inovasi, BPPT jalin kerjasama dengan Pemkot Tangerang

Administrator
19 Mar 2019
Layanan Info Publik

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) lakukan penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding - MoU) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. MoU ini merupakan pembaharuan dari tahun 2017 lalu mengenai pengkajian, penerapan, dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan di Kota Tangerang.

 

Sekretaris Utama BPPT Wimpie A.N. Aspar mengungkapkan MoU periode sebelumnya berjalan dengan baik dengan Pemkot Tangerang. Hal ini ditandai dengan beberapa tindak lanjut MoU dari beberapa  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada.

 

“BPPT sebagai lembaga kaji terap teknologi menjalankan salah satu perannya yaitu difusi teknologi. Kita bantu pengembangan dan pembangunan suatu daerah menggunakan teknologi, tentunya menggunakan teknologi yang sudah proven. Ini yang kita lakukan bersama Pemkot Tangerang dua tahun belakangan ini,” terang Wimpie usai penandatanganan MoU di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (18/03).

 

Dilanjutkan olehnya, dari periode sebelumnya terdapat beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menindaklanjuti MoU ini, diantaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam bidang geolistrik, dan georadar untuk penantaan simpang; Selanjutnya dengan Dinas Lingkungan Hidup terkait pemetaan daerah Rawa Kucing; Terakhir dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman dalam pengukuran kekuatan gedung terhadap gempa.

 

Sestama BPPT mengungkapkan MoU kali ini selain melanjutkan kerjasama yang telah ada, juga terdapat penambahan jumlah lingkup kegiatan, antara lain implementasi pelaksanaan monitoring bangunan akibat gempa, dan pembuatan survei geolistrik dengan Dinas PUPR untuk memetakan permukaan lahan sumur serapan di Kota Tangerang.

 

“Kedepan, Kami juga akan menjajaki kerjasama di bidang lingkungan seperti masalah pengelolaan persampahan di kota Tangerang. Semoga inovasi dan layanan teknologi BPPT dapat disosialisasikan dan diterapkan tidak hanya di Kota Tangerang saja, namun juga mulai diikuti oleh daerah lainnya,” dirinya berharap.

 

Dikesempatan yang sama, Walikota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan BPPT memiliki banyak teknologi yang bisa aplikasikan dalam kebutuhan pembangunan kota Tangerang saat ini yang begitu cepat dan masif.

 

“Melalui perpanjangan MOU ini mudah-mudahan menjadi langkah kongkret agar inovasi dan layanan yang ada di BPPT segera diimplementasikan dan manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat Tangerang,” tutup Walikota Arief. (Humas/HMP)