4877
Hits

INDONESIA SEGERA MILIKI ANGKUTAN UMUM MURAH BUATAN ANAK BANGSA

Administrator
03 Jan 2013
Berita Lainnya

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah menyiapkan platform kendaraan angkutan umum murah nasional di bawah 1.000 cc yang akan menjadi bagian dari transportasi pedesaan. “Program ini merupakan platform industri dalam negeri di mana untuk riset awalnya pada 2012 Kementerian Perindustrian telah mendanai kurang lebih sebesar Rp 50 miliar,” ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri dan Rancang Bangun (TIRBR) BPPT, Erzi Agson Gani.

"Awalnya kita siapkan platform, setelah itu komponen-komponennya, dan kemudian engine-nya. Ini juga merupakan kelanjutan dari platform komodo yang dibuat BPPT, berupa bus gandeng yang digunakan untuk busway dan sudah diproduksi oleh PT Asia Auto International (AAI) di Sentul dan PT Inka Madiun," katanya.

Melalui kerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan sejumlah industri dalam negeri itu akan dibuat embrio industri otomotif nasional, sehingga diharapkan bisa menjadi motor penggerak berkembangnya industri nasional lainnya. “Kita akan bergerak mulai dari desa dalam pengembangan industri otomotif nasional, sekaligus menguatkan basis industri otomotif lokal,” tuturnya.

Saat ini, kata Erzi, omset bisnis otomotif mencapai Rp300 triliun dengan pasar sejuta unit kendaraan roda empat per tahun, suatu pasar yang sangat besar namun sayangnya diisi oleh berbagai platform kendaraan impor meski sebagian dirakit di dalam negeri.