2150
Hits

Jadikan Penulisan Ilmiah Lebih Menarik, BPPT Gelar Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah Pupuler

Administrator
18 Jul 2020
Layanan Info Publik

 

Artikel ilmiah popular dapat diartikan sebagai artikel ilmiah yang ditulis dengan gaya bahasa populer (bahasa media/bahasa jurnalistik) untuk dimuat di media massa seperti artikel dalam surat kabar, majalah, tabloid, media online, dan lain sebagainya), Badan Pengkajian dan Penerapn Teknologi (BPPT) melalui Biro Hukum , Kerja Sama dan Humas menggelar Virtual Bimtek Series on Public Comumunications Sharing Penulisan Artikel Ilmiah Populer, secara daring (17/07).

 

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Humas , Ardi Matutu mengatakan, BPPT tentunya selalu harus menyampaikan karya inovasinya kepada masyarakat melalui tulisan-tulisan menarik dengan bahasa yang mudah dan dimengerti oleh masyarakat awam.

 

Selain itu, bagaimana cara menulis dan mengembangkan daya imajinasi sehingga tulisan yang di buat meskipun secara teknis dapat dikemas dalam bentuk yang menarik tidak kaku dan menjadi bermakna, tuturnya.

 

Dikesempatan yang sama, Tauhid Nur Azhar sebagai narasumber  yang sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua TFRIC-19 meyampaikan, membuat penulisan dan pelaporan serta mengembangkan budaya literasi yang berbasis pada data-data yang bersifat scientist sudah menjadi kegiatan rutin sehari-hari.

 

Menurut Tauhid, jika berbicara tentang penyampaian gagasan tentunya harus punya target, siapa target public audience nya. Sehingga diperlukan penyesuaian telekomunikasinya dan frekuensinya harus disesuaikan agar pesan yang diinginkan bisa tersampaikan dengan baik.

 

Ada yang perlu diingat menurutnya, bahwa di dalam mencari poin atau topik serta hal yang menarik, bermanfaat dan unik kita perlu memposisikan diri sebagai  orang awam yang sedang mencari hal-hal tersebut diantara 'tumpukan' hal-hal serius yang ada di hadapan

 

Ia juga menyebut, tulisan ilmiah populer tetap memiliki struktur penulisan, walau sederhana yaitu memuat pembukaan, isi dan penutup. Dapat pula di dalam tulisan dibagi kedalam beberapa sub topik agar tulisan menjadi lebih jelas dan terstruktur secara sederhana namun fleksibel.

 

Memperhatikan kepentingan atau ketertarikan audiens untuk masuk kedalam prioritas penulisan artikel ilmiah populer. Sehingga menentukan target pembaca menjadi penting.

 

Karena artikel ilmiah populer haruslah bersifat umum, dapat dibaca kalangan manapun, walau sumber tulisan cukup berat atau serius, penting pula untuk memperhatikan kemana tulisan ilmiah populer tersebut akan dituju, jelasnya.

 

Diharapkan dengan acara ini, dapat memberikan manfaat bagi seluruh pegawai di lingkungan BPPT dan kegiatan seperti ini akan diprogramkan secara berkala untuk menambah pengetahuan yang berkesinambungan sehingga dapat lebih mengembangkan kemampuan-kemampuan yang lebih berbobot. (Humas BPPT)