10405
Hits

JEMBATAN SUMATERA-JAWA, INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG DI SELAT SUNDA



Seminar yang bertema ‚Aspek Sosial, Ekonomi, Tata Ruang, dan Lingkungan Hidup Rencana Pembangunan Infrastruktur Penghubung Sumatera-Jawa‚ diselenggarakan di Ruang Komisi Utama BPPT yang merupakan kerjasama antara BPPT, Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, BAPPENAS, Departemen PU, Departemen Perhubungan, LIPI, Universitas Indonesia, ITB dan beberapa perguruan tinggi negeri lainnya.

Seminar ini merupakan kelanjutan dari seminar sebelumnya yang telah dilaksanakan 3 September 2009 lalu, yang membahas tentang aspek teknis jembatan Sumatera-Jawa. Selanjutnya akan diadakan pula seminar yang ketiga pada 7 Oktober 2009 yang akan datang yang akan membahas mengenai aspek pembiayaan, kelembagaan, regulasi dan keamanan infrastruktur penghubung Sumatera-Jawa. Menurut Teguh, terdapat tiga pemahaman bersama terhadap infrastruktur ini yaitu: (1) infrastruktur ini dapat mendukung pemerataan distribusi pertumbuhan ekonomi; (2) mengintegrasikan infrastruktur transportasi; dan (3) memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seminar yang diakhiri dengan diskusi dan pleno tersebut, dibagi ke dalam dua sesi, pertama: pembahasan mengenai aspek sosial dan review kegiatan yang telah dilakukan pemerintah dalam rencana pembangunan infrasruktur penghubung Sumatera-Jawa. Sedangkan pada sesi kedua, pembahasan mengenai aspek lingkungan dan kajian aspek penataan ruang dan ekonomi dari rencana pembangunan infrasruktur penghubung Sumatera-Jawa. (AS/RF/humas)