4057
Hits

Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas, BPPT – PT. Perkebunan Nusantara V Lakukan Kerjasama

 

 

Dalam sambutannya Unggul mengatakan kemitraan yang dibangun bersama PTPN V ini sangat tepat, dan perlu dilaksanakan dengan langkah-langkah nyata. Untuk tim teknis BPPT, Unggul berharap agar segera melakukan akselerasi kegiatan ini sehingga segera memberikan manfaat yang maksimal.

 

BPPT menurut Unggul, menaruh perhatian besar dalam pengembangan teknologi biomassa baik yang berupa tanaman budidaya maupun limbahnya. Beberapa produk inovasi karya BPPT yang terkait dengan pemanfaatan biomassa berbasis sawit ini diantaranya adalah biodiesel dan PPO (Pure Plant Oil) yang memanfaatkan produk pabrik kelapa sawit yaitu CPO.

 

Pemanfaaatan POME ini sangat menarik, karena disamping potensinya besar dan tersebar luas terutama di wilayah Sumatera dan Kalimantan, limbah POME ini sebelum dibuang ke lingkungan dapat dimanfaatkan dulu menjadi listrik. Bahan baku POME pun juga bisa dikatakan dapat diperoleh dengan gratis, papar Unggul

 

Dikesempatan yang sama Direktur Utama PTPN 5, Berlino Mahendra Santosa  berharap kerjasama ini bisa terus dikembangkan untuk memverifikasi kelayakan model bisnis dalam rangka memberikan kontribusi terhadap penyediaan energi alternatif,  “pengurangan pencemaran lingkungan dan sekaligus meningkatkan kemampuan inovasi teknologi pemanfaatan limbah biomassa menjadi energi di Indonesia”, tutup Berlino. (Humas/HMP)