1503
Hits

Manfaatkan Teknologi, BPPT - Kabupaten Fakfak Bersama Kembangkan Potensi Daerah

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) turut mendukung upaya Pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di Kawasan Indonesia Bagian Timur. Berangkat dari hal tersebut BPPT bersama Kabupaten Fakfak menandatangani MoU tentang "Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi untuk Mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Fak Fak, Propinsi Papua Barat", secara virtual (02/06). Kerjasama ini merupakan lanjutan yang sebelumnya sudah dilakukan sejak tahun 2018, dengan penandatanganan MoU pada oktober 2017.

 

Sekretaris Utama BPPT Dadan M. Nurjaman mennyampaikan, kerjasama ini sebagai wujud implementasi dari pengembangan ekosistem inovasi BPPT dalam menghasilkan inovasi untuk dapat dimanfaatkan masyarakat luas, terutama di Kabupaten Fakfak.

 

BPPT lanjut Dadan, siap membantu berbagai pengembangan inovasi teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Fakfak, sesuai dengan potensi yang dimiliki dalam meningkatkan pereknomian berbasis inovasi teknologi untuk kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

 

Sementara itu, Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) BPPT Soni Solistia Wirawan berharap agar melalui kerjasama ini akan banyak kegiatan yang dilakukan secara berkelanjutan yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat dan pembangunan Kabupaten Fakfak.

 

Menurutnya kita harus dapat melihat peluang yang ada di Kabupaten Fakfak, seperti di tahun  2020, BPPT dan Kabupaten Fakfak telah melakukan kegiatan peningkatan produktivitas ternak ruminansia melalui pemanfaatan teknologi pengolahan hijauan pakan.

 

Untuk itu implementasi inovasi teknologi ini harus melalui pendekatan kemitraan antara pemerintah dengan swasta, jelasnya.

 

Bupati Kabupaten Fakfak Untung Tamsil menyambut baik kerjasama BPPT dan Kabupaten Fakfak ini. Dikatakan Tamsil, saat ini Kabupaten Fakfak memiliki dua potensi besar yaitu pala dan durian yang membutuhkan teknologi dari BPPT guna meningkatkan nilai tambahnya.

 

Bupati Fakfak tersebut juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudah dijalin bersama dengan BPPT sejak 2018. Semoga kedepan dapat terus bekerja sama tidak hanya di bidang peternakan dan pertanian, namun sampai bidang kelautan dan lainnya,

 

Sebagai informasi, pada tahun 2021, kegiatan kerjasama ini akan melanjutkan kegiatan sebelumnya yaitu pemanfaatan produk unggulan komoditas Kabupaten Fakfak guna meningkatkan nilai tambah serta komersialisasi, antara lain kajian introduksi teknologi pengolahan buah pala dan penerapan teknologi pengemasan lempok durian. (Humas BPPT)