2703
Hits

Kembangkan Potensi Daerah, BPPT – Provinsi Lampung Sepakat Jalin Kerjasama

Administrator
08 Dec 2020
Layanan Info Publik

BPPT dan Pemerintah Provinsi Lampung sepakat dukung program Pemerintah melalui sinergitas perencanaan dan pembangunan. Hal tersebut tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepakatan antara BPPT dengan Pemerintah Provinsi Lampung tentang Pengkajian, Penerapan, dan Pemanfaatan Teknologi untuk Percepatan Pembangunan Daerah Provinsi Lampung, secara virtual (8/12).

 

Usai penandatanganan, Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, kesepakatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi penyediaan dan pemanfaatan infrastruktur serta fasilitas BPPT di Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Tulang Bawang. Pengkajian, penerapan, pemanfaatan teknologi, serta pengembangan potensi dan produk komoditas unggulan daerah.

 

Hammam menyebut, negara-negara yang telah berhasil dalam pembangunan ekonomi, merupakan negara yang menguasai serta menggunakan teknologi guna mendukung pembangunan ekonominya. Kemajuan perekonomian suatu bangsa akan terus berkembang jika didukung oleh inovasi teknologi.

 

Oleh karena itu, kolaborasi antara BPPT (sebagai salah satu Lembaga litbangjirap) dengan pemerintah daerah, beserta pihak terkait lainnya dalam hal pemanfaatan teknologi sangatlah tepat untuk dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan daerah serta dapat memberikan solusi yang tepat atas berbagai persoalan yang dihadapi daerah.

 

Selain itu, berbagai hasil kaji terap BPPT telah menghasilkan inovasi yang siap untuk didesiminasikan agar dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah, masyarakat maupun dunia usaha. Seperti misalnya Pembangkit Listrik Teknologi Sampah (PLTSa), teknologi ex vitro untuk perbanyakan benih (termasuk kopi, lada dan lainnya) serta teknologi sangrai kopi tipe fluidisasi. Kemudian untuk pencegahan stunting BPPT menghasilkan produk PURULA yang merupakan modifikasi pati  untuk meningkatkan daya saing industri pati nasional, serta teknologi-teknologi lainnya, pungkasnya.

 

Sementara, Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyambut baik kerjasama ini. Melalui kerja sama ini dan inovasi dari BPPT, maka potensi yang ada di Provinsi Lampung dapat menciptakan nilai tambah pada produk-produk baru berupa turunan dari pengolahan yang sudah ada.

 

Sehingga bisa menciptakan peluang investasi dan bisa memberikan peluang kerja bagi masyarakat terutama masyarakat pedesaan dan masyarakat petani, jelas Fahrizal.

 

Selain itu, juga upaya untuk menyelesaikan persoalan stunting melalui upaya penyediaan pangan yang aman dan bergizi terutama bagi anak-anak dengan memanfaatkan potensi lahan BPPT.

 

Kedepan diharapkan, BPPT dengan Pemerintah Provinsi Lampung dapat membangun sinergi antara pemerintah, akademisi dengan para peneliti, pengusaha dan para masyarakat.Semoga penandatanganan ini dapat segera ditindak lanjuti melalui upaya-upaya lebih konkrit sehingga dapat merumuskan program-program kerja yang terukur kedepannya. (Humas BPPT)