5381
Hits

KENALI MOBILE RADAR CUACA LEBIH DEKAT

Untuk meningkatkan profesionalisme, UPT-HB BPPT selaku satu satunya penyedia jasa layanan TMC di Indonesia telah menyelenggarakan Pelatihan Radar dan Flight Scientist, yang diikuti oleh 24 peserta, di Cikole, Bandung (8 - 11/12).

Acara pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan instrumen mobile radar yang dimiliki oleh UPT-HB BPPT kepada para peserta pelatihan baik hardware maupun software, mulai dari proses instalasi, pengoperasian, hingga observasi dan interpretasi datanya, ungkap Ketua Panitia Pelaksana, Erwin Mulyana.

Selain materi mengenai radar, kata Erwin, dalam pelatihan tersebut juga disisipkan materi mengenai dasar-dasar fisika awan. Hal ini ditujukan agar para peserta semakin memperdalam pemahaman proses pembentukan awan dan terjadinya hujan, khususnya bagi para Flight Scientist junior.

Dengan adanya instrumen ini, Flight Scientist yang bertugas di lapangan dapat memperoleh informasi mengenai keberadaan dan kondisi awan yang ada di sekitar daerah target secara lebih akurat, yang tentunya sangat membantu dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan misi penyemaian awan, jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala UPT-HB BPPT, Samsul Bahri mengatakan bahwa saat ini, UPT-HB BPPT tengah merintis kerjasama dengan PT. Adaro di bidang industri pertambangan batubara, dengan menawarkan aplikasi teknologi ini guna mengurangi curah hujan (rain reduction) di lokasi tambang mereka.

Aplikasi baru TMC ini tentunya akan sangat membutuhkan informasi yang sangat update dan akurat, sehingga informasi cuaca khususnya untuk identifikasi keberadaan dan kondisi awan yang diperoleh dari data radar mutlak diperlukan dalam operasional di lapangan nantinya, lanjutnya.

Kedepannya saya berharap agar UPT-HB BPPT dapat memaksimalkan peran instrumen mobile radar ini, khususnya guna menambah keyakinan kepada para pengguna jasa TMC, kata Samsul.. (BDH/upthb/humas).