9156
Hits

KEPALA BPPT MELANTIK 48 PEJABAT STRUKTURAL BPPT

Administrator
10 Aug 2009
Layanan Info Publik

Lebih lanjut Kepala BPPT mengatakan, ‚Ada tujuh hal yang harus dilaksanakan: (1) Jaga integritas dan disiplin sebagai PNS; (2) Tingkatkan profesionalitas dalam bekerja; (3) Fokus pada pengkajian dan penerapan teknologi yang mempunyai dampak nasional yang besar; (4) Bangun dan manfaatkan network untuk kepentingan BPPT; (5) Persiapkan dan jaga Momentum reformasi birokrasi BPPT; (6) Tingkatkan kepekaan dan ketanggapan terhadap permasalahan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi; dan (7) Jaga prinsip BPPT First‚.

Di hadapan para pejabat yang dilantik, ia menegaskan, ‚Instruksi harian ini saya sampaikan pertama kali saya bekerja sebagai Kepala BPPT dan saya anggap ini dilaksanakan oleh setiap staf dan tentu saja terlebih lagi dilaksanakan dan ditindaklanjuti oleh pejabat struktural. Profesionalitas, fokus membangun merupakan porsi utama pejabat struktural. Jadi saya ingin mengingatkan kepada Anda supaya pejabat struktural lebih banyak melakukan kerjasama-kerjasama membangun jaringan-jaringan, orientasi, prinsip-prinsip. Lakukan itu karena kita ingin implementasikan ‚tripel helix‚, cara-cara yang baik melalui prinsip-prinsip kerjasama unsur ABG (Academician, Businessman and Government) tersebut‚.

Selain itu Kepala BPPT meminta kepada para pejabat BPPT, yang pertama, agar berani melihat dan mereview kembali program dan kegiatannya apakah sudah sesuai dengan kebutuhan nasional dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BPPT. ‚Jadi jangan ragu-ragu untuk mereview kembali dengan tujuan untuk menjustifikasi bahwa apa yang kita lakukan ini adalah sudah tepat dan sudah qualified. Apabila tidak tepat, kita harus segera meluruskan mencari jalan terbaik. Kedua, dalam hal evaluasi kesiapan fasilitas kerja, apakah masih dapat diandalkan memenuhi syarat dan mencukupi sebagai sarana dalam menjalankan tugas, fasilitas laboratorium, alat ukur, alat uji dsb. Kemudian ketiga, perlu mengevaluasi postur SDM baik kualitatif maupun kuantitatifnya apakah sudah sesuai dengan program-program kerja yang ada. Kalau ada unit kerja yang jumlah SDMnya banyak, tolong dicocokkan dengan fasilitas kerjanya, dengan programnya, kualitasnya bagaimana, pegawai yang tugas belajar, pelatihan, pendidikan yang lebih tinggi dsb. Berdasarkan ketiga hal tadi, perlu penyusunan tindak lanjut dalam bentuk action plan dan langkah-langkah orientasinya‚.

Saat menutup kata sambutannya, Kepala BPPT meminta kepada semua pejabat BPPT agar mereka selain melaksanakan tugas-tugas rutin sebagai pejabat struktural, diharapkan juga mampu menjaga dan mengembangkan suasana kerja yang kondusif di lingkungan kerja masing-masing. ‚Suasana kerja yang Anda ciptakan dengan baik karena adanya hubungan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan, maupun antara sesama staf, dapat mewujudkan suasana lingkungan kerja yang baik pula. Hal ini saya minta agar menjadi perhatian lebih bagi semua pejabat BPPT. Jadi respect dari staf kepada pimpinan adalah indikasi bahwa Anda adalah pimpinan yang tepat di unit Anda!..‚, katanya. (Humas)