4100
Hits

Kepala BPPT: Patut Dicontoh, Kabupaten Pelalawan Mampu Manfaatkan Gas untuk Sumber Listrik

Administrator
11 Jul 2014
Layanan Info Publik

 

Kepala BPPT menuturkan, gagasan Bupati Pelalawan dengan pembangunan PLTMG PT. Langgam Power adalah satu formula yang menarik dan patut dicontoh oleh daerah-daerah lainnya di Indonesia. Sebab, saat ini banyak daerah yang memiliki potensi sumber daya energi namun masih mengalami krisis listrik. Apabila daerah-daerah lain bisa meniru apa yang dilakukan Pemkab Pelalawan, maka masalah krisis listrik di Indonesia bisa diatasi.

"Pembangunan pembangkit listrik memang memerlukan investasi yang besar. Tapi, langkah Pemkab Pelalawan sangat cerdas, mereka mendapatkan saham yang besar dari pembangunan PLTMG PT. Langgam Power namun yang berinvestasi adalah pihak swasta. Cara seperti itu sangat baik, karena dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan listrik," ujar Unggul.

Untuk diketahui, PLTMG PT. Langgam Power diresmikan pada tanggal 20 Oktober 2013 lalu. Di tahap awal pembangunannya pembangkit listrik tenaga mesin gas ini mampu menghasilkan listrik dengan daya 15 Megawatt. Namun, Bupati Pemkab Pelalawan mengatakan kedepannya kemampuan PLTMG PT. Langgam Power akan ditingkatkan menjadi 50 Megawatt dan di tahun 2021 ditarget akan mampu menghasilkan listrik sebanyak 200 Megawatt.

Pembangunan PLTMG PT. Langgam Power merupakan tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama antara BPPT dan Pemkab Pelalawan mengenai pengkajian, penerapan dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan di daerah. BPPT menawarkan konsep teknopolitan di Pelalawan, yaitu sebuah kawasan berdimensi pembangunan ekonomi, sosial dan budaya, yang berbasis pada kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Untuk memenuhi konsep teknopolitan maka di Pelalawan didirikan PLTMG PT. Langgam Power. (tw/SYRA/Humas)