2680
Hits

Kepala BPPT: Tidak Bermitra? Berarti Kita Tidak Siap Berinovasi

Administrator
05 Sep 2014
Layanan Info Publik

 

Deputi BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR), Erzi Agson Gani, yang turut dalam kegiatan mengatakan bahwa maksud dari kunjungan yang dilakukan adalah agar Kepala BPPT mengetahui secara persis kekuatan  serta kualitas, baik itu SDM maupun fasilitas pendukung seperti laboratorium. “Dengan melihat langsung kekuatan yang dimiliki BPPT, akan mempermudah Kepala BPPT dalam menentukan misi BPPT kedepan,” jelasnya.

Unggul Priyanto, menjabat sebagai Kepala BPPT sejak Juni 2014 lalu, menggantikan Marzan A Iskandar yang telah menyelesaikan masa jabatannya selama lima tahun. Sebelumnya, Unggul menjabat sebagai Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM).

Dalam presentasinya, Unggul mengatakan bawa misi BPPT dapat diraih melalui sebuah kemitraan. “Misi yang harus dilakukan oleh setiap Kedeputian adalah melaksanakan Pengkajian Teknologi, melaksanakan Clearing House, melaksanakan Intermedia, melaksanakan Audit dan melaksanakan Solusi Teknologi untuk hasilkan inovasi dan layanan teknologi melalui kemitraan. Kemitraan menurut saya, adalah ibu dari inovasi. Apabila tidak bermitra, berarti kita tidak siap berinovasi,” terangnya.

BPDP menurut Unggul, adalah Balai yang sangat dibutuhkan, baik bagi Indonesia maupun Jogjakarta. “Khususnya bagi kajian bencana Tsunami, BPDP selalu jadi rujukan utama. Dengan luasnya lingkup pekerjaan yang ditangani BPDP, saya harapkan tidak terjadi overlapping dengan unit lain. Mungkin misalnya kedepan BPDP berfokus kepada teknologi infrastruktur dan dinamika pantai, akan lebih bagus,” ujarnya.

Ditambahkan Unggul, bahwa sangatlah penting bagi BPPT untuk dapat mencapai misi tersebut. Karena misi tersebut merupakan ujung tombak dari apa yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang kepada BPPT. Untuk itu dirinya mengatakan bahwa reorganisasi menjadi hal yang penting dilalukan, dalam kaitannya mencapai misi tersebut.

“Reorganisasi atau rotasi merupakan hal yang biasa terjadi dilingkungan organisasi. Itu merupakan cara untuk menjaga dan  mempertahankan kinerja. Kita juga akan segera mempersiapkan diri menghadapi pemerintahan baru. Begitu cabinet baru terbentuk, BPPT sudah siap bekerja,” jelas Unggul.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan rangkaian dari kunjungan Kepala BPPT di bulan Ramadhan. Sebelumnya, Kepala BPPT juga telah mengunjungi Balai Besar Teknologi Pati di Lampung dan Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika di Surabaya. (SYRA/humas)