4888
Hits

Kolaborasi BPPT-Kementerian Kesehatan: Manfaatkan Teknologi Untuk Peningkatan Layanan Kesehatan

 

Menurut Deputi Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) BPPT, Hammam Riza, FGD tersebut merupakan bagian dari kerjasama antara BPPT-Kemkes untuk membangun pemanfaatan teknologi dalam bidang pelayanan kesehatan yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.


"BPPT telah banyak menghasilkan inovasi yang sangat terkait erat dengan kesehatan, misalnya saja implan tulang berbasis stainlessteel yang bio compatible, yakni implan 316 L. Selain itu, dari sisi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), BPPT juga telah mengembangkan Sistem Informasi untuk Puskesmas yang telah diterapkan di Puskesmas Kota Bogor, Tangerang Selatan dan Situbondo," terang Hammam.


Hammam menambahkan, dengan semakin bertambanhnya jumlah penduduk Indonesia, ditambah dengan meningkatnya angka harapan hidup, semakin besar pula kebutuhan akan alat-alat kesehatan. "Jumlah pasien yang membutuhkan rehabilitasi semakin besar. Namun sayangnya kita masih bergantung pada produk impor. Karenanya, dunia industri kesehatan Indonesia perlu berdaulat," tegasnya.


Sementara itu, Kepala Pusat Data & Informasi Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi dunia kesehatan di Indonesia saat ini terutamanya terletak pada disparitas dan aksesibilitas. Karenanya untuk mengakselerasi pelayanan dan meningkatkan mutu pelayanan secara adil, perlu dilakukan kerjasama. (humas)

Foto kegiatan ini dapat dilihat disini