4743
Hits

Lihat Langsung Proses Suatu Inovasi Dibuat, Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Kunjungi Laboratorium BPPT

Administrator
29 Aug 2016
Layanan Info Publik

 

Para mahasiswa dari Jurusan Fisika, berkesempatan untuk melihat secara lebih dekat fasilitas-fasilitas laboratorium yang BPPT miliki. Kegiatan ini adalah kegiatan ekskursi dari Universitas Brawijaya agar para mahasiswa dapat mendapat pelajaran dari eksternal atau lapangan, tidak hanya dari teori saja. Seperti saat berada di laboratorium Pusat Teknologi Material (PTM), para mahasiswa dapat melihat secara langsung pengembangan implan tulang hasil inovasi PTM.

 

"Inovasi implan tulang Stainless Steel 316 L kami kembangkan dengan menggunakan bahan baku utama ferro nickel lokal yang 70% lebih murah dari bahan impor. Kami juga telah mengembangkan material karet alam untuk ban pesawat, rumah komposit dan sensor gas berbasis mikrokantilever," jelas Dwi Budiyanto, perwakilan PTM saat menerima para mahasiswa di laboratorium. 

 

Sementara itu, di laboratorium Pusat Teknologi Lingkungan (PTL), para mahasiswa berkesempatan untuk melihat secara lebih detil hasil inovasi BPPT dalam hal efisiensi energi, yakni pemanfaatan sampah dengan menggunakan digester untuk menghasilkan gas metana yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan.

 

"Kami di PTL juga mengembangkan teknologi untuk pengolahan air bersih dan pemurnian air limbah untuk mengatasi sumber air baku, utamanya air limbah di Rumah Sakut dengan menggunaka proses anaerob-aerob," papar Aflakhu Ridlo, tim PTL

 

Hasil-hasil dari inovasi PTL, ditambahkan Ridlo, menjadi rekomendasi kami kepada pemerintah dalam menciptakan kawasan berwawasan lingkungan dan mandiri energi. (Humas/HMP).