3298
Hits

MENTERI BUMN BERSAMA KEPALA BPPT MELAUNCHING MOCK UP KERETA MONOREL

"Monorel ada 3 yang diresmikan, yaitu monorel Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Kuningan, kemudian monorel Bandara Soekarno Hatta yang menghubungkan terminal I, II dan III," ungkap Dahlan saat memberikan sambutan peresmian mock up monerel tersebut di Kantor PT INKA, Madiun, Jawa Timur.

Dahlan menambahkan, gerbong monorel tersebut ukurannya dua kali lipat lebih besar daripada monorel di luar negeri seperti di Bangkok, Thailand, dan Kuala Lumpur, Malaysia. Serta Secara fisik praktis sempurna, soal warna saja, desainnya terlalu normatif.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala BPPT, Marzan A. Iskandar mengatakan bahwa monorel tersebut merupakan impian yang menjadi kenyataan dari konsursium BUMN. “BPPT tentunya tidak ketinggalan turut berperan serta dalam proses pengembangan monorel ini. Kita ketahui bersama program BPPT dibidang monorel ini sudah dimulai sejak tahun 2006 lalu,” ungkapnya.

Marzan menambahkan, BPPT bersama PT INKA secara bersama-sama telah mendesain monorel terutama komponen struktur bogie (roda), bagian yang paling kritis. Dengan bergulirnya kembali rencana pembangunan monorel bukan saja di DKI Jakarta tapi di daerah lainnya, maka program untuk melakukan proses engineering, procurement produksi dari monorel bisa dimulai kembali. “Ini merupakan kebangkitan industri perkeretaapian kita,” tegasnya.

Dalam hal tersebut, BPPT memberikan peran yang signifikan. Pertama desain dari monorel ini merupakan salah satu buah tangan BPPT. Kedepannya menurut Marzan pihaknya akan mendukung program ini dengan melakukan pengujian-pengujian. Oleh kerena itu direncanakan akan dibangun test track monorel di Puspitek Serpong. Disana nanti akan dilakukan serangkaian uji kecepatan dan durability.

Senada dengan Kepala BPPT, Direktur Utama PT. INKA, R. Agus Purnomo mengatakan bahwa kemampuan untuk merancang dan mengembangkan monorel sudah dimiliki sejak lama. Namun, INKA terus melakukan penyempurnaan membuat monorel berbagai tipe. "Kereta penggerak sudah lama kami luncurkan, tapi kami terus melakukan penyempurnaan. 2015 mendatang monorel ini akan siap kami luncurkan," pungkasnya.

Pada peluncuran tersebut juga dilakukan penandatanganan kesepakatan awal untuk konsorsium monorel BUMN antara PT Adhi Karya, PT INKA, PT Jasa Marga, PT LEN Industri, PT Telkom dan PT Angkasa Pura 2. (JSYRA/humas)