8493
Hits

NILAI KOMERSIAL SEBUAH PATEN

Administrator
08 Mar 2011
Layanan Info Publik

Selanjutnya dikatakan juga bahwa kebijakan dari paten, selain harus mengandung unsur kebaruan juga harus mempunyai nilai ekonomi. Oleh karena itu, HKI sudah membuat Majelis HKI dimana tim ini akan menyeleksi kelayakan paten yang diusulkan dari setiap unit kerja sebelum diajukan ke Direktorat Paten jelasnya.

Terkait dengan Paten, menurut Alex Rahman, Pemeriksa Paten dari Direktorat Jenderal HKI sekaligus narasumber, paten merupakan kontrak tertutup antara pemerintah dengan inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi.

Invensi yang diajukan permohonan patennya harus memiliki persyaratan substantif, yaitu mengandung unsur kebaruan, langkah inventif dan dapat diterapkan dalam industri papar Alex lebih lanjut.

Sementara itu, Mayorini yang juga bertindak sebagai narasumber menyampaikan untuk mengetahui kebaruan dari suatu invensi yang akan didaftarkan dapat dilakukan dengan penelusuran dokumen paten. Tujuan dari penelusuran paten adalah untuk menemukan state of the art yang relevan untuk tujuan penilaian kebaruan dan langkah inventif suatu invensi yang dimintakan perlindungan paten jelasnya.

Bimbingan paten direncanakan berlangsung selama tiga hari (7-10/3). Tampak hadir dalam acara perwakilan dari masing-masing unit kerja Teknologi Pengembangan Sumber daya Alam (TPSA). (KYRAS/humas)