7231
Hits

OPERASI TMC DUKUNG SUMSEL SEBAGAI TUAN RUMAH EVENT OLAH RAGA NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Operasi didukung satu unit pesawat Casa 212-200-BPPT versi rain maker nomor registrasi PK-TLH yang dioperasikan oleh Operator AOC-135 PT Nusantara Buana Air. Sebanyak 6 personil Tim TMC-BPPT yang terdiri dari Flight Scientist, Logistik, dan Keuangan yaitu Mahally Kudsy, Erwin Mulyana, Dini Harsanti, Sunu Tikno, Ham Hilala dan Sukatno, sudah berada di Palembang sejak 3 Oktober 2009 untuk mendukung kegiatan hingga selesai.

Acara dihadiri Kepala Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan Samsul Bahri, Komandan Pangkalan Udara TNI-AU Palembang Letkol Asril Asmani, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel Sigit Wibowo, Kuasa Direksi PT SBA Wood Industry Efendy, perwakilan pemkab OKI Alibudin, BMKG daerah, tim Manggala Agni Departemen Kehutanan, para pejabat instansi daerah terkait, serta para wartawan cetak/elektronik daerah dan nasional.

Dalam sambutan mewakili Gubernur Sumsel, Kepala Dinas Kehutanan Sigit Wibowo menyampaikan ucapan terima kasih Gubernur Sumsel Alex Nurdin kepada Kepala BPPT Marzan A. Iskandar yang telah memberikan respon atas permohonan Gubernur sehingga pelaksanaan operasi TMC di Sumsel dapat dilaksanakan lebih cepat dan sesuai dengan waktu yang direncanakan. Operasi TMC diharapkan dapat mendukung pemerintah provinsi Sumsel yang ditunjuk menjadi tuan rumah event olahraga nasional dan internasional antara lain Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional dan Lomba Triathlon Internasional pada tanggal 10-12 Oktober 2009 yang akan dihadiri perwakilan 20 (dua puluh) negara, dan pemprov Sumsel menginginkan terciptanya suasana dan cuaca yang nyaman selama event tersebut berlangsung, tanpa gangguan asap dari kebakaran hutan dan lahan di provinsi tersebut.

Pada penerbangan perdana 4 Oktober 2009 pukul 13.30, ikut terbang perwakilan PT. SBA Wood Industry, yang merupakan mitra kerjasama BPPT dan sebagai penyandang dana operasi TMC untuk 5 hari kegiatan yang pertama, dan ikut serta 3 wartawan dari Palembang TV, harian Sumatera Express dan harian Seputar Indonesia untuk meliput kegiatan tersebut. Penerbangan penyemaian awan pada hari pertama berlangsung sukses dan terjadi hujan di beberapa tempat, yaitu di wilayah OKI dan kota Palembang. (Upt-hb)