4749
Hits

Pakai e Voting, Besok BPPT Dampingi Boalemo Gorontalo Gelar Pilkades

 

"Kalau pelaksanaan di Boalemo sukses, kami yakini dapat dijadikan contoh acuan  bagi pelaksanaan e voting secara nasional kedepannya.  Baik untuk Pilkada, Pileg, maupun Pilpres," tegasnya.

 

Hammam selanjutnya mengatakan perangkat e voting yang digunakan BPPT di Boalemo adalah generasi ketiga. Diyakininya versi ketiga ini semakin memantapkan aspek pelaksanaan e voting di Indonesia.

 

Mengenai penggunaan metode e voting untuk Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden, Hammam dan jajarannya terus berupaya meningkatkan kesiapan teknologinya. "Pilpres dan Pileg tentu target kami. Untuk menuju hal tersebut,  maka di Pilkades Boalemo ini kita gunakan KTP el untuk otentikasi data pemilih," jelasnya.

 

Alat pembaca KTP el, sambungnya, yang esok akan digunakan di Boalemo pun buatan dalam negeri. "Ini merupakan sebuah kemajuan dalam pelaksanaan Pemilu secara elektronik. Seharusnya hal ini dapat  menjadi momentum bagi seluruh stakeholder penyelenggara Pemilu bahwa e voting telah andal untuk model pelaksanaan Pemilu Legislatif, juga Pilpres," urainya.

 

Melalui serangkaian ujicoba Pilkades e voting, Hammam berujar bahwa Indonesia sudah berada di arah yang tepat untuk bisa mencapai legitimasi pelaksanaan demokrasi pada Pemilu 2019.  "Untuk  Pilkades ini sendiri saya berharap standar dukung demokrasi dapat diterapkan sebagai model pelaksanaan Pemilu legislatif dan Pilpres. Yakni mengacu pada  ISO 17582 yang menyebut agar lembaga Pemilu dapat menyelenggarakan demokrasi dengan kualitas tinggi dan memenuhi azas LUBER, transparan dan akuntabel," pungkasnya. (Humas)