5467
Hits

Pemanfaatan Teknologi dan SDM Mumpuni Adalah Kunci Membangun Maritim Indonesia (II)


Untuk membangun dunia maritim Indonesia, juga perlu didukung oleh teknologi-teknologi yang mumpuni. Lima tahun lalu, di acara World Ocean Conference di Manado, BPPT sudah mengkampanyekan bahwa laut adalah masa depan Indonesia dan teknologi adalah kunci untuk pemanfaatan potensi laut.


Ridwan mengungkapkan, kegiatan pengembangan teknologi di Indonesia masih dalam tataran untuk pemenuhan kebutuhan dasar, seperti membuat perahu nelayan. Tapi, begitu masuk ke teknologi maju, Indonesia masih harus berlari kencang untuk mengejar, misalnya teknologi eksplorasi sumber daya perikanan laut dalam. Di tahap itu masih dalam proses riset untuk mengembangkan wahana dasar laut.


"Tapi, sudah sekitar lima sampai 10 tahun lalu, BPPT sudah membuat wahana benam atau kapal selam mini yang sudah dilengkapi kamera untuk memantau kondisi bawah laut. Negara lain sudah membangun wahana itu dengan kemampuan menjelajah sampai 6.500 meter, tapi Indonesia baru memiliki kemampuan 100-an meter. Kalau kita sungguh-sungguh tentu bisa mengejar ketertinggalan itu," kata Ridwan.


Ridwan berharap implementasi terhadap program kemaritiman sampai ke level operasional. Selain itu, perlu dukungan dari masyarakat Indonesia dengan  mengembangkan kapasitas ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).


"Jadi, ada tiga hal perlu dilakukan untuk memajukan dunia maritim di Indonesia, yaitu pemanfaatan teknologi, sumber daya manusia yang harus diperbaiki, serta menghilangkan kesenjangan antara litbang dan pemanfaatannya, pungkasnya. (Tw/SYRA/Humas)