7602
Hits

PEMILU ELEKTRONIK, PILIHAN INOVATIF PELAKSANAAN PILAR DEMOKRASI

 

Dimulai 2008 lalu, studi kelayakan dilakukan melalui penerapan e-voting di Kabupaten Jembrana. Selanjutnya dilakukan uji materi UU No 32 tahun 2004 yang akhirnya menghasilkan keputusan e-voting diperbolehkan dalam Pilkada. Simulasi, pengujian, pilot tes hingga uji coba pun dilakukan secara simultan demi kesempurnaan sistem pemilu elektronik yang dikembangkan BPPT.

Pada prosesnya, kami juga berusaha untuk memperhatikan standar e-voting internasional dalam menyusun standar e-voting yang akan diterapkan di Indonesia. Kehandalan sistem yang sudah dikembangkan telah diuji secara langsung diantaranya yaitu di Pandeglang, Banda Aceh dan Gorontalo, ungkap Kepala Program e-voting BPPT, Andrari Grahitandaru.

Banyak pihak yang masih meragukan keamanan dari sistem e-voting. Padahal menurut Andrari, dalam sistem yang dikembangkan, prosedur keamanan dilakukan di tiap tahapan e-voting baik dari tahapan pra pemungutan, pemungutan hingga pasca pemungutan suara.Selain itu meskipun sistem pemilihan bersifat elektronik, namun tetap dapat diaudit untuk memastikan bahwa Pemilu sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan memenuhi azas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil, ungkapnya.

"E-voting hanya akan diterapkan bagi daerah yang memang benar-benar telah siap, baik dari sisi teknologi, pembiayaan, perangkat lunak, serta kesiapan masyarakat. Mereka yang belum siap tetap menerapkan pemilu konvensional. Dan meskipun pelaksanaan pemilu dilakukan secara campuran, yaitu elektronik dan konvensional, tetap diterapkan sistem e-counting dalam penyampaian hasil perhitungan. Dalam sistem e-counting, hasil perhitungan atau rekapitulasi suara di tiap TPS langsung dikirim atau ditransmisikan ke Data Center KPU menggunakan saluran VPN atau SMS, jelas Andrari lebih lanjut.

Karena itu selain dari faktor kesiapan teknologi, yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan pembiayaan dan perangkat di tiap-tiap daerah. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah mempersiapkan masyarakat melalui sosialisasi dan uji coba secara menyeluruh, tegasnya. (SYRA/humas)