2682
Hits

Perdalam Pengetahuan Teknologi Pengolahan Pangan, Pelajar SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan Kunjungi BPPT

Administrator
13 Dec 2018
Layanan Info Publik

 

 

Acara dimulai dengan pemaparan singkat mengenai BPPT juga diberikan penjelasan mengenai teknologi yang aktual di tanah air, yakni mengenai pemanfaatan teknologi pengolahan pangan di BPPT. Pada  kesempatan tersebut, Purwa Tri Cahyana dari Pusat Teknologi Agroindustri BPPT menjelaskan tentang prospek bahan pangan lokal sebagai bahan pangan modern.

 

Dikatakan Purwa, untuk sumber pangan pokok ada banyak dan ketersediannya pangan di nusantara juga melimpah seperti nasi singkong, nasi tiwul, papeda, nasi jagung, sagu porna dan lain lain.  Adapun manfaat mengkonsumsi sagu menurut Purwa yakni menghambat terjadinya kangker usus, menghambat obesitas serta cocok untuk penderita diabetes.

 

Purwa berpesan kepada para pelajar bahwa dalam pemanfaatan pangan kuncinya adalah teknologi. Dengan teknologi dapat membuat apapun dari pangan lokal menjadi suatu makanan yang menarik dan memiliki nilai jual yang berlipat.  

 

Dikesempatan yang sama, Eko Bhakti Susetyo dari Pusat Teknologi Agroindustri BPPT juga mejelaskan mengenai teknologi pengolahan pangan dengan metode ekstrusi. Lanjut Eko, penggunaan metode tersebut dalam teknologi pengolahan pangan kita, menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang mempunyai berbagai macam budaya dan sumber alam yang beraneka ragam serta bagaimana mengolah sumber alam tersebut sebaik-baiknya guna meningkatkan nilai tambah dari produk yang kita punya.

 

Adapun kunjungan tersebut ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung dengan antusiasme pelajar yang tinggi. Kemudian dilanjutkan dengan praktek dalam membuat bahan makanan dari pangan lokal. Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan dapat menarik minat dan kecintaan pelajar terhadap Iptek, serta menumbuhkan budaya Iptek di kalangan pelajar di tanah air. (Humas/HMP)