4688
Hits

Perkuat Teknologi Untuk Raih Kedaulatan Negara

Administrator
12 Dec 2014
Layanan Info Publik

 

"Salah satu cara yang dipakai dalam mengembangkan teknologi adalah dengan melakukan perubahan organisasi di area pertama, selanjutnya di area kedua adalah melakukan penataan tata laksana," ujar Rini.


Lebih jauh Rini menerangkan, hasil yang diharapkan dari dilakukannya perubahan organisasi adalah terbentuknya organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran. "Kami sendiri (Kemenpan RB) merubah dari lima Dirjen (Direktorat jenderal) menjadi empat Dirjen," jelasnya.


Sedangkan perubahan yang diharapkan terjadi dari dilaksanakannya penataan tata laksana, menurut Rini adalah terwujudnya sistem proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien dan fokus. Kesemua hal tersebut tentunya dengan mengacu pada prinsip good governance.


Berbicara mengenai sinergi, Rini mengharapkan adanya sinergitas antara visi RPJMN dengan visi misi Presiden RI. "Pemerintah saat ini menilai bahwa untuk mewujudkan kedaulatan negara, faktor ekonomi menjadi poin utama. faktor ekonomi akan menguat dengan adanya dukungan dari unsur SDA (Sumber Daya Alam), unsur SDM (Sumber Daya Manusia) dan unsur IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)," paparnya.


Rini juga menilai, saat ini adalah saat yang tepat bagi BPPT untuk melakukan reorganisasi dan penataan tata laksana. "BPPT harus menciptakan goals (tujuan/capaian) yang bersinergi dengan visi misi pemerintah saat ini. Dengan begitu, peran BPPT dalam memajukan teknologi Indonesia akan semakin terlihat," pungkasnya. (tw/syra/humas)