8517
Hits

Perlunya Media Monitoring Guna Meningkatkan Kualitas Humas Di Era Teknologi Dan Informasi

Administrator
16 Nov 2016
Layanan Info Publik

 

 

Di era komunikasi yang sudah semakin maju, informasi bergerak dengan sangat cepat dan publik dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi termasuk informasi mengenai Kementerian atau Lembaga. Menyikapi hal ini, humas disetiap Kementerian atau Lembaga harus melakukan media monitoring secara aktif dengan memerhatikan isu publik yang terkait dengan Kementerian atau Lembaga.

 

Dalam sambutannya Inspektur BPPT Wawas Swathatafrijiah yang mewakili Sekretaris Utama BPPT mengatakan  acara ini diharapkan dapat menambah pengetahuan kita khususnya terkait peran dan tugas humas di LPNK. “Di tengah era kemajuan teknologi dan informasi ini peran dan tugas humas adalah untuk mengcounter informasi yang ada dan meluruskan fakta serta mensosialisasikan kebijakan pemerintah”, tutur Wawas.

 

Hal yang sama juga dikatakan Ashwin Sasongko Ahli Peneliti Madya Bidang IT dan Tenaga Ahli Balitbang Kemenkominfo bahwa monitoring info publik peranannya sangat penting dalam meningkatkan kualitas media humas.

 

Sementara itu Kepala Bagian Hukum, Biro Hukum, Kerjasama dan Humas BPPT Poetro Prakoso yang mewakili Kepala Biro HKH BPPT menjelaskan maksud dan tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan kualitas media monitoring serta menyampaikan hasil media monitoring atau pun capaian instansi lainnya dalam bentuk infografis.

 

Menurut Poetro, kegiatan humas atau public relations saat ini menjadi hal penting yang harus dibangun oleh pemerintah kepada publik sebagai cara untuk memberikan edukasi serta rasa percaya di mata publik, bahwa pemerintah melakukan kerja nyata untuk pembangunan Indonesia demi meningkatkan daya saing dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Andi Muslim Ketua Satgas GPR Kemenkominfo sebagai narasumber serta pejabat fungsional humas Lingkungan BPPT dan LPNK Kementerian Ristek Dikti. (Humas/HMP)