7483
Hits

PERMUDAH KERJA PRESIDEN, BPPT KEMBANGKAN PRESIDENT ACCOUNTABILITY INFOSTRUCTURE

Menurut Kepala Seksi Layanan Jasa IPTEKnet, Guntur Haryanto (16/09), IPTEKnet bertindak sebagai sistem integrator dari aplikasi-aplikasi yang digunakan di masing-masing tempat (instansi pemerintah) dengan memanfaatkan jaringan Government Secured Intranet (GSI) yang disediakan oleh BPPT.

‚Dengan adanya PAI ini, Presiden akan dengan sangat mudah memantau perkembangan program dari setiap kementerian dan instansi yang ada, misalnya tentang pelaksanaan kegiatan pembangunan‚, ucap Guntur.

Dari segi pelaksanaan, Guntur mengatakan tidak ada masalah teknis yang berarti, hanya saja format dari tiap-tiap aplikasi berbeda-beda sehingga sedikit menghambat jalannya pengintegrasian. ‚Saat ini kita belum memiliki standar dalam menentukan format data. Seharusnya memang ada standar format data di semua instansi pemerintah‚, imbuhnya.

Kepala Balai IPTEKnet, Dwi Handoko, dalam kesempatan yang sama juga menegaskan akan pentingnya ketersediaan Government Secured Intranet. ‚Idealnya memang perlu ada. Dengan adanya jaringan tersebut, perpindahan data antar instansi akan menjadi lebih secure, tidak lagi dengan hanya menggunakan USB ataupun disk. Memang sudah ada instansi yang memanfaatkan jasa swasta, tetapi akan lebih baik bila menggunakan jaringan pemerintah sendiri. Ini tentunya kembali lagi ke masalah pengamanan data instansi pemerintah‚.

PAI nantinya akan bisa diinstal di berbagai Operating System (OS) dan user friendly untuk mempermudah operator dan pengguna. Selain itu, PAI juga akan open source, sehingga akan menghemat biaya. Integrasi data juga dapat dilakukan secara online, termasuk juga aplikasi yang dapat dijalankan di web. (YRA/humas)