5471
Hits

Pertama di Indonesia, Kabupaten Pelalawan Siap Membangun Kawasan Teknopolitan

Administrator
30 Dec 2014
Kebijakan Teknologi

 

Dalam sambutannya pada acara peletakan batu pertama pembangunan kawasan teknopolitan, Senin (22/12), Bupati Pelalawan, HM Harris mengatakan bahwa rencana pembangunan ini telah dimulai dua tahun lalu oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Riset dan Teknologi serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).


"Saya berterimakasih kepada BPPT yang selama ini telah mendampingi Pelalawan dalam membuat perencanaan pembangunan Kawasan Teknopolitan Pelalawan. Pembangunan kawasan yang mengembangkan sumber daya manusia dan inovasi, akan secara langsung menguatkan daya saing rakyat,"ujar Harris.


Harris mengakui, bukanlah hal mudah membentuk kawasan teknopolitan ini. Namun itu semua jangan dijadikan kendala tanpa solusi. "Kita harus ulet dalam mencari peluang. Kita juga harus gigih dan berani mengambil keputusan. Ini semua adalah untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat,"tegasnya.


Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala BPPT, Unggul Priyanto menegaskan BPPT selalu siap mendampingi daerah yang memiliki rencana membangun kawasan teknopolitan. "Dalam Kawasan Teknopolitan Kabupaten Pelalawan nantinya akan dibangun pusat-pusat riset, sekolah tinggi serta industri. Karena sinergi antara dunia pendidikan, dunia bisnis dan pemerintah sangatlah penting,"terangnya.


Dengan banyaknya kebun sawit dan hutan tanaman industri di Kabupaten Pelalawan, Unggul meyakini akan banyak muncul industri-industri yang tercipta dalam kawasan teknopolitan tersebut.

 

"Target pemerintah adalah membentuk 100 kawasan teknopolitan. Dengan sudah dimulainya pembangunan kawasan teknopolitan disini, Kabupaten Pelalawan sudah selangkah lebih maju. Saya berharap kawasan teknopolitan ini akan membawa Kabupaten Pelalawan menjadi lebih mandiri dan menjadi percontohan di Indonesia," tutup Kepala BPPT. (tw/syra/humas)