11659
Hits

PRESS TOUR KE LABORATORIUM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INDUSTRI AGRO DAN BIOMEDIKA DI PUSPIPTEK SERPONG

Berkaitan dengan kegiatan tersebut pada 6 Mei 2009 bertempat di Laboratorium Pengembangan Teknologi Industri Agro dan Biomedika (LAPTIAB) di Puspiptek Serpong telah dilakukan kegiatan Press Tour yang diselenggarakan oleh Bagian Humas Biro Umum dan Humas. Kegiatan Press Tour ini diterima oleh Kepala Bidang Teknologi Rekayasa Biomedika Pratondo Busono yang langsung memberikan presentasi tentang Program Pengembangan Peralatan Medis di BPPT.

Dalam keterangannya dengan beberapa media, Pratondo mengatakan bahwa tujuan dari program Penelitian dan Pengembangan Peralatan medis ini adalah untuk meningkatkan daya saing produk industri alat kesehatan nasional dan meningkatkan kapasitas SDM dalam penguasaan teknologi alat medis.

Lebih lanjut Pratondo menambahkan hasil dari pengembangan Disposable Biosensor untuk Deteksi Sindrom Metabolik adalah (1) Biosensor untuk deteksi glukosa, kolesterol dan asam urat; (2) Multi deteksi biosensor yang dapat mendeteksi glukosa, asam urat, kolesterol dan trigliserida secara simultan dan ;(3) Dikembangkan bersama readernya. Hasil yang dicapai tahun 2008 adalah pengembangan disposable biosensor untuk deteksi sindrom metabolik adalah dua prototip disposable biosensor untuk deteksi glukosa dan kolesterol dan satu prototip biosensor multideteksi.

Sedangkan untuk hasil kegiatan pengembangan peralatan pemonitor kefaalan tubuh tahun 2008 adalah prototip-1 pemonitor pasien, prototip unit telekardiologi dan prototip alat untuk uji kinerja USG, CT. Dalam Press Tour tersebut diikuti oleh beberapa media cetak dan elektronik serta Tim liputan dari Bagian Humas. (TR/Humas)