15733
Hits

Press Tour Ke Pusat Pengembangan Ikan Nila Gesit Kerjasama BPPT, IPB Dan DKP

Administrator
08 Apr 2009
Layanan Info Publik

Berkaitan dengan hal tersebut pada 7 April 2009 bertempat di Balai Besar Pengembangan Budidaya Peneliti dari BPPT, DKP dan IPB menerima rombongan wartawan dan Staf humas untuk meliput hasil kegiatan di Balai tersebut. Rombongan diterima oleh Ratu Siti Aliah (BPPT), Dody Irawan (BPPT), Maskur (DKP), Dian Hardiantho (DKP) dan Komar Sumantadinata (IPB). Kegiatan ini adalah dalam rangka Press Tour yang diadakan oleh Bagian Humas Biro Umum dan Humas yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil kegiatan di lingkungan unit kerja di BPPT.

Menurut Peneliti dari PTBP Ratu Siti Aliah bahwa teknologi produksi ikan nila gesit (ikan nila jantan super yy) merupakan suatu inovasi teknologi perbaikan genetik yang mampu menghasilkan turunan seluruhnya atau hampir seluruhnya (98-100%) berkelamin jantan. Teknologi adalah gabungan teknik feminisasi dan uji progeny yang akan menghasilkan ikan nila berkelamin jantan super yy.

Dalam usaha budidaya, produk ikan nila berkelamin jantan memiliki pertumbuhan lebih cepat di banding betinanya. Produksi ikan nila monosex jantan merupakan solusi untuk menghindari produksi yang tidak efisien karena selama ini rasio jantan dan betina dalam produksi budidaya mencapai 60:40. (Tr/Humas)