12109
Hits

PRESS TOUR KE TEKNOLOGI PROSES PENGOLAHAN GELATIN DARI KULIT SAPI SISA SPLIT DARI INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT

Berkaitan dengan hal tersebut pada 14 Mei 2009 Tim Bagian Humas Biro Umum dan Humas dan beberapa wartawan media cetak dan elektronik melakukan kegiatan Press Tour ke Teknologi Proses Pengolahan Gelatin dari Kulit Sapi Sisa Split dari Industri Penyamakan Kulit yang merupakan kerjasama Pusat Teknologi Agroindustri BPPT dengan PT Muhara Dwitunggal Laju yang terletak di Muhara Desa Sarongge, Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor.

Rombongan diterima oleh Kepala Bidang Teknologi Agroindustri Perikanan dan Peternakan Irshan Zainuddin serta beberapa Staf Bidang Teknologi Agroindustri Perikanan dan Peternakan.

Dalam keterangannya dengan wartawan media cetak dan elektronik Irshan mengatakan pengembangan proses pembuatan gelatin yang dilakukan oleh Bidang Teknologi Agroindustri Perikanan dan Peternakan BPPT diawali dengan proses perekayasaan rancang bangun alat yakni mulai dari desain, detail desain sampai pembuatan peralatan. Rangkaian proses pengolahan gelatin dari bahan baku kulit sapi sisa split meliputi pencucian bahan baku, pemotongan (pengecilan ukuran kulit), perendaman dalam larutan kapur (liming), pencucian dan netralisasi, ekstraksi dengan air panas, filterasi, evaporasi, ekstrusi, pengeringan, penggilingan dan pengemasan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa keunggulan teknologi pengolahan gelatin dari kulit sapi sisa split dari industri penyamakan kulit adalah lebih memberikan jaminan kehalalan produk, lebih memberikan nilai tambah, lebih menghemat devisa dan mendorong kemandirian teknologi. (TR/humas)