7561
Hits

PTPSE - KRAKATAU POSCO: PROYEK CDM UNTUK PABRIK BAJA TERPADU

Administrator
18 Jul 2011
Layanan Info Publik

Sosialisasi ini merupakan langkah pertama dari kerjasama kedua belah pihak tersebut  dilaksanakan untuk pendaftaran proyek Clean Development Mechanism (CDM) ke United Nation of Framework Convention on Climate Change (UNFCCC). Dari pemanfaatan off gas utilization tersebut telah diprediksikan dapat menghasilkan listrik sebesar 109.484 MWh/tahun dan menghasilkan uap panas sebanyak 285.000 ton/tahun serta reduksi gas rumah kaca yang diprediksi sebanyak 220.871 t-CO2/tahun.

Menurut Irhan Febijanto selaku ketua tim CDM-BPPT, PT. Krakatau Posco adalah perusahaan patungan antara PT. Krakatau Steel dengan perusahaan Posco yang merupakan pabrik baja dari Korea Selatan. Perusahaan patungan ini berencana membangun pabrik baja terpadu di Cilegon. Rancangan pabrik baja terpadu ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan usulan proyek CDM untuk pabrik baja ini merupakan hal yang pertama di Indonesia.

Usulan proyek CDM , lanjutnya terdiri dari dua proyek yaitu pemanfaatan uap (steam) dari Waste Heat Boiler (WHB) dan pemanfaatan listrik dari Top Pressure Recovery Turbine (TRT). Kegiatan selanjutnya adalah menyelesaikan Project Design Document (PDD) untuk diserahkan dan mendapatkan persetujuan dari Komisi Nasional Mekanisme Pembangunan Bersih (Komnas MPB), dalam hal ini yakni Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh stakeholder dari Kota Cilegon yang terdiri dari Camat Ciwandan, Lurah setempat, Fakultas Teknik Untirta, Dinas BLH Cilegon, Bappeda Cilegon, Pakar Energi, dan tokoh masyarakat sekitar. (Dwi Lukman Hakim-PTPSE/ humas)