5372
Hits

RITECH Expo 2014, Ajang Pamer Inovasi di Bidang Pangan, Energi dan Air

Administrator
05 Sep 2014
Layanan Info Publik


"Ritech Expo kali ini mengutamakan hasil-hasil riset di bidang teknologi pangan, energi, dan air. Selain itu, pada peringatan Hakteknas 2014 juga dilaksanakan kegiatan internasional ditingkat ASEAN yang dihadiri menteri di bidang teknologi dari negara ASEAN. Pada kegiatan itu akan membicarakan mengenai kemajuan teknologi dan kerjasama-kerjasama internasional dengan 10 negara ASEAN dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015," kata Gusti, di acara pembukaan Ritech Expo 2014, di Gedung II BPPT Jakarta, (9/8).

Gusti menuturkan, Inovasi-inovasi teknologi di bidang pangan, energi dan air, menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Seperti penelitian di bidang pangan ditujukan untuk meningkatkan nilai tambah hasil pertanian. Penelitian di bidang energi ditujukan untuk meningkatkan penyediaan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Dan, penelitian di bidang air ditujukan untuk penyediaan, pengendalian dan pengelolaan air.

"Selain itu, tujuan dari Ritech Expo 2014 ini adalah sebagai wahana atau media untuk memberikan sesuatu yang baru (science experience) kepada masyarakat dan sebagai media interaksi ilmu pengetahuan antar para peserta," tuturnya.

Menristek juga berharap, dengan ditampilkannya inovasi teknologi di bidang pangan, energi dan air, maka akan semakin mendorong masyarakat untuk lebih mencintai produk-produk dalam negeri. Karena siapa lagi yang mau membeli produk dalam negeri kalau bukan bangsanya sendiri.

"Saya juga berpesan agar kita sama-sama mendorong hasil karya anak bangsa untuk segera diproduksi secara massal dan juga mencintai produk dalam negeri. Yang saya sangat senang dari pameran ini adalah sudah ada beberapa barang yang sudah diproduksi, seperti radar dan sistem perisalah dari BPPT. Apabila semakin banyak hasil riset karya anak bangsa yang diproduksi, maka Indonesia bisa menjadi negara yang maju," tutup Gusti. (Tw/SYRA/Humas)